-->

Teknik Pemanasan Dalam Permainan Bola Basket

Teknik pemanasan bola basket berikut ini sangat direkomendasikan dalam persiapan permainan bola basket.

Pemanasan dalam permainan basket sangat penting, seperti halnya yang dilakukan dalam olah raga apapun. Dengan pemanasan, performa atlet bisa maksimal, yang lebih penting lagi adalah pemanasan dalam permainan basket bisa mencegah terjadinya cedera yang sering dialami pemain basket , seperti cedera ankle, cedera ACL, cedera lutut dan lain - lain. Lalu bagaimana sih cara melakukan pemanasan sebelum permainan bola basket?

Sebelum saya mengulas bagaimana teknik pemanasan dalam permainan bola basket, tidak berlebihan jika saya menyinggung manfaat pemanasan sebelum bermain bola basket. Secara umum, pemanasan dalam permainan basket memberikan manfaat sebagai berikut :
  • Memperlancar atau mempermudah proses aliran darah pada otot-otot yang aktif.
  • Meningkatkan temperatur badan dan jaringan-jaringannya.
  • Menambah kemampuan kerja fisik atlet dan menaikkan keadaan psikologis atlet.
  • Memperlancar proses pertukaran atau pengikatan oksigen di dalam hemoglobin.
  • Meningkatkan jumlah energi yang dihasikan dalam metabolisme tubuh.
  • Meningkatkan detak jantung   
  • Menghindari ketegangan otot. 



MACAM TEKNIK PEMANASAN BOLA BASKET

Pemanasan dalam permainan basket sangat penting sebagaimana yang sudah dijelaskan pada manfaat pemanasan bola basket di atas. berikut ini adalah beberapa teknik pemanasan bola basket yang direkomendasikan sebelum permainan basket :

1. Skipping: Mungkin anda pernah mendengar tentang skipiing, ini sering disebut juga dengan jumping rope atau lompat tali. Percaya atau tidak, ini adalah teknik pemanasan bola basket yang memberikan manfaat besar buat atlet basket. Pemanasan ini bertujuan untuk menciptakan serta meningkatkan kemampuan memantul keseluruhanmu yang penting dalam lapangan basket. Kira-kira tiga atau empat menit skipping sebelum permainan basket sudah ideal. Skipping melatih kaki untuk lepas dari darat dengan cepat. Kemampuan anda dalam melompat, melambung, berlari, dan berputar akan sangat terbantu dengan latihan skipping. tak heran jika skipping merupakan pemanasan dalam permainan basket yang sangat direkomendasikan. Baca juga : teknik dasar bola basket

2. Jogging. Ini adalah teknik pemanasan bola basket yang sudah umum dilakukan. Jogging dimanfaatkan semua atlet dari cabang olahraga mana pun termasuk pemain basket agar darah mereka terpompa. Lakukan jogging sebagai pemanasan dalam permainan basket selama kurang lebih lima menit agar temperatur badan meningkat. Inti dari pemanasan ini adalah agar kamu berkeringat sedikit, tapi tidak berlebihan.

3. Jari Kaki ke Atas. Tentu anda bertanya - tanya, teknik pemanasan bola basket macam apa ini, kok kedengrannya aneh. Pemanasan ini dilakukan dengan mengangkat jari-jari kaki ke atas sementara kamu berjalan dengan tumit sebagai tumpuan. Lakukan teknik ini sebagai pemanasan dalam permainan basket selama kurang lebih empat kali masing-masing dengan jarak 1o meter, tempo yang menurutmu nyaman, dan durasi yang singkat. Tujuan dari pemanasan ini adalah merenggangkan otot-otot tulang kering, hal yang tentunya akan membantu dalam bermain basket.


teknik pemanasan dalam permainan bola basket




GERAKAN SKIPPING DALAM PEMANASAN BOLA BASKET

Dalam penjelasan tentang macam teknik pemanasan bola basket di atas sudah disinggung masalah skipping. Untuk menambah pengetahuan kita semua, berikut ini saya share macam gerakan skipping :

1. Bounce step; Yaitu gerakan melompat dengan 2 kaki yang dirapatkan. Ini adalah gerakan dasar. Hari pertama, saya melancarkan dulu gerakan ini.

2. Alternate foot; Gerakan seperti berjalan di tempat. Dilakukan bersamaan dengan ayunan tali skipping.

3. Forward stadler; Gerakan seperti orang dalam posisi kumite pada olah raga karate. Loncat dan jatuhkan kaki kiri di depan dan kaki kanan dibelakang. Putar lagi talinya. Ganti jatuhkan kaki kanan di depan dan kaki kiri dibelakang. Gerakannya dilakukan bergantian terus menerus.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->