-->

Mengenal Kemegahan Stadion Basket Filipina, Philippines Arena

Stadion basket Filipina atau yang dikenal dengan nama Philippines Arena disebut - sebut sebagai stadion basket terbesar di dunia. Hal ini tentu berbanding lurus dengan antusiasme masyarakat Filipina terhadap olah raga bola basket. Dan yang membanggakan buat rakyat Filipina adalah, negaranya hingga kini masih mendominasi prestasi bola basket di kawasan ASEAN.

Basket memang menjadi olahraga nomor satu di Filipina. Begitu populernya olahraga bola basket di Filipina, tak heran jika hal - hal yang berhubungan dengan basket dibuat berkelas, misalnya stadion basket Filipina.

Dengan begitu populernya basket menjadi yang paling populer daripada sepakbola, jangan kaget kalau Filipina pun memiliki sarana stadion indoor yang terbesar dan termegah di dunia. Stadion itu tak lain adalah Philippine Arena atau stadion Filipina arena

Saat ini Filipina sudah memiliki kompleks olahraga terpadu, dibangun mulai 17 Agustus 2011, saat ini sudah berdiri Philippines Sports Stadium dan stadion Filipina arena atau Philippines Arena. Philippines Sports Stadium merupakan sebuah stadion sepakbola. Sementara Philippines Arena adalah stadion tertutup (indoor) yang difungsikan sebagai stadion bola basket Filipina. baca juga : teknik pemanasan bola basket

Philippine Arena terletak di Ciudad de Victoria, kawasan Bocaue dan Santa Maria, Bulacan, Filipina. Berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat Makati, salah satu distrik di Metro Manila. Arena olahraga tersebut berdiri diatas tanah sekitar 140 hektar yang terintegrasi dengan pusat bisnis, kesehatan, olahraga, dan keagamaan.

Di kebanyakan kompleks olahraga, stadion sepakbola dibangun lebih besar dibandingkan stadion indoor. Di Filipina yang terjadi sebaliknya. Philippine Arena, stadion tertutup di Bocuae, disebut sebagai stadion tertutup terbesar di dunia dengan kapasitas 55.000 tempat duduk. Stadion diresmikan oleh Presiden Benigno Aquino, stadion basket Filipina ini lebih besar dari stadion sepak bolanya. Sementara untuk Philippine Sport Stadium yang merupaka stadion sepak bola kapasitasnya tak sampai separuhnya, hanya 22 ribu orang saja. Baca juga : peringkat timnas basket Indonesia di dunia

Presiden Aquino mengatakan stadion itu membuktikan bahwa rakyat Filipina dapat berprestasi seperti penduduk lain di dunia.


stadion basket Filipina


Selain itu, Filipina juga memiliki stadion basket yang bernama Mall of Asia Arena. Stadion Mall of Asia Arena ini  berkapasitas 15.000 tempat duduk untuk acara-acara olahraga. Venue tersebut berlokasi di SM Mall of Asia, di Bay City, Pasay, Manila, Filipina. 

Kapasitas Mall of Asia Arena dua kali lipat lebih banyak dibanding Istora Senayan, Jakarta, yang menjadi venue pertandingan bulutangkis dan final basket pada Asian Games 2018. Hal itu menunjukkan basket memang menjadi olahraga terpopuler di Filipina. Baca juga : teknik dasar bola basket

Desain venue tersebut sangat elegan dan beraroma NBA. Mall of Asia Arena juga dilengkapi shot clock yang biasa dipakai di venue-venue untuk NBA.

Tribune penonton di Mall of Asia Arena terdiri dari empat tingkat. Selain itu juga ada tribune VVIP dengan pemandangan sempurna ke lapangan. Arena tersebut juga dilengkapi tempat parkir luas, yang mampu menampung hingga 2.000 mobil. 

Mall of Asia Arena belum terlalu lama berdiri, tepatnya pada 16 Juni 2012. Venue tersebut menjadi kandang kedua bagi tim nasional basket Filipina. Biasanya, timnas basket Filipina akan bertanding di tempat tersebut jika Smart Araneta Coliseum sedang tak bisa digunakan. 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->