-->

Ukuran, Berat, Dan Tekanan Udara Bola Basket Yang Standar

Berat bola basket yang standar mungkin tidak pernah terpikirkan oleh kita semua. Padahal cabang olah raga dengan peralatan seperti bola basket, semua hal yang berhubungan dengan permainan bola basket tentu harus ada ketentuannya, seperti : peraturan permainan, ukuran lapangan, juga ukuran bola basket itu sendiri.

Setelah sebelumnya kita membahas tentang teknik dasar bola basket, kali ini kita akan mengulas tentang ketentuan ukuran dan berat bola basket. Berbicara mengenai ukuran tentu tidak hanya berat bola basket, selebihnya ... ukuran keliling dan tekanan udara bola basket juga ditentukan dengan ukuran standar. Sehingga dapat diseragamkan pada saat pertandingan baik tingkat nasional maupun internasional.


UKURAN BOLA BASKET STANDAR

Ukuran Bola Basket standar yang digunakan untuk bermain harus memenuhi standar dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Bola basket terbuat dari bahan karet yang mempunyai lapisan sejenis kulit.
  • Berat bola basket : 600 – 650 gram.
  • Keliling bola basket : 75 – 78 cm.
  • Tekanan udara bola basket  4,26-4,61 psi,  harus mampu melambungkan bola dengan ketinggian 120 – 140 cm.

Sebenarnya tidak ada perbedaan ukuran dan berat bola basket standar secara nasional dan internasional. Secara UMUM ukuran dan berat bola basket sudah di tetapkan oleh beberapa organisasi seperti FIBA, NBA dan NCAA.

Walaupun telah ditetapkan secara internasional, namun ada beberapa perbedaan tentang ukuran bola basket standar yang ditetapkan oleh FIBA, NBA dan NCAA :

  • Ukuran Bola Basket Secara untuk standar nasional dan internasional memiliki keliling
    ukuran berat tekanan udara bola basket
    antara 75 cm sampai 78 cm. Sementara untuk berat bola basket di antara 600 gr sampai 650 gr.
  • Ukuran Bola Basket Standar FIBA. Berdasarkan ketetapan FIBA, ukuran bola basket yang disetujui yaitu memiliki keliling 749 mm sampai 780 mm dengan berat bola basket antara 567 gr sampai 650 gr.
  • Ukuran Bola Basket Standar NBA. Untuk pertandingan NBA, ukuran bola basket yang di setujui yaitu 749,3 mm sampai 755,65 mm dengan berat bola basket 623,7 gram/
  • Ukuran Bola Basket Standar NCAA. NCAA menetapkan standar ukuran bola untuk keliling bola antara 749,3 mm sampai 762 mm dengan berat bola basket 567 sampai 623,7 gram.


UKURAN BOLA BASKET UNTUK PERTANDINGAN RESMI

 
Untuk jenis pertandingan resmi bola basket, berat bola tidak menjadi ukuran, yang digunakan adalah tiga ukuran antara lain 5,6 dan 7. Ukuran 7 dipakai untuk pertandingan professional, ukuran 6 untuk pertandingan resmi tingkat SMP sementara ukuran 5 untuk pertandingan resmi anak SD.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->