-->

Gambar Dan Ukuran Lapangan Bola Basket Beserta Keterangannya

Ukuran lapangan bola basket. Cabang olah raga ini termasuk salah satu yang paling populer di dunia setelah sepak bola. Jika kita melihat begitu serunya permainan bola basket di dunia tidak lepas perhatian kita dari kompetisi ataupun liga bola basket yang digelar diberbagai negara. Begitu asyiknya kita menonton permainan bola basket, pernahkan terlintas dalam pikiran kita ... berapa sih ukuran lapangan bola basket standar internasional?  

Sebenarnya olah raga permainan bola basket sudah diajarkan pada pelajaran olah raga di sekolah. Tentu mengenai ukuran lapangan bola basket standar internasional juga sudah dipelajari,namun bagi teman teman sekalian jika ada yang belum tahu bagaimana bentuk dan ukuran lapangan bola basket, setelah sebelumnya kita belajar tentang teknik dasar bola basket berikut ini saya tunjukkan gambar lapangan bola basket beserta ukuran lapangannya. 


lapangan bola basket
Keterangan Gambar :
Di atas adalah gambar dari lapangan bola basket standar internasional. Dalam permainan bola basket, menurut standar Federasi Bola Basket International,  ukuran lapangan bola basket yakni berbentuk persegi panjang dengan dua standar ukuran, yakni panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter untuk standar NBA dan panjang 26 meter dan lebar 14 meter . 

Dari gambar dan ukuran lapangan basket di atas bisa dilihat terdapat tiga buah lingkaran yang terdapat di dalam lapangan basket memiliki panjang jari-jari yaitu 1,8 meter, dengan ukuran lebar garis yaitu 0,05 meter. Panjang garis akhir lingkaran daerah serang yaitu 6 meter. Sedangkan panjang garis tembakan hukuman yaitu 3,60 meter.

Dengan jumlah pemain dalam permainan bola basket adalah 5 orang dalam satu tim dan cadangan 5 orang. Jumlah wasit dalam permainan bola basket adalah 2 orang. Wasit 1 disebut  Referee sedangkan wasit 2 disebut Umpire.

Bola yang digunakan memiliki keliling 75 cm - 78 cm. Dengan massa bola berkisar antara 600 - 650 gram. Jika bola dijatuhkan dari ketinggian 1,8 meter pada lantai papan, maka bola harus kembali pada ketinggian antara 1,20 - 1,40 meter. Baca juga : sejarah singkat bola basket

Setelah di atas kita melihat gambar dan berapa ukuran lapangan bola basket standar internasional, berikut ini adalah gambar dan ukuran dari ring basket yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari lapangan bola basket.





Ring basket memiliki panjang yaitu 0,40 meter. Sedangkan jarak tiang penyangga sampai ke garis akhir adalah 1 meter. 

Panjang papan pantul bagian luar adalah 1,8 meter sedangkan lebar papan pantul bagian luar adalah 1,2 meter. Dan panjang papan pantul bagian dalam adalah 0,59 meter sedangkan lebar papan pantul bagian dalam adalah 0,45 meter.  Untuk tinggi ring bola basket, jarak lantai sampai ke papan pantul bagian bawah adalah 2,75 meter. Sementara jarak papan pantul bagian bawah sampai ke ring basket adalah 0,30 meter. 

Ternyata walaupun kita bukan pemain bola basket profesional, dengan melihat gambar dan ukuran lapangan bola basket di atas, sudah cukup bagi kita mendapatkan pemahaman tentang bagaimana kondisi dan ukuran lapangan bola basket standar internasional yang selama ini kita lihat. 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->