Nama Nama Klub Bola Basket Indonesia Profesional



Nama - nama klub basket Indonesia. Berikut ini nama - nama klub basket Indonesia profesional.

Jika kita berbicara nama - nama klub basket Indonesia, tentu tidak akan lepas pembahasannya dari event berupa liga bola basket di Indonesia. Seperti halnya pada liga sepak bola yang diramaikan dengan kehadiran para pemain bintang yang menjadi idola, pada liga basket juga ada banyak pemain bola basket yang menjadi idola. Yang pasti mereka bermain untuk membela klub bola basket masing - masing.

Bagi penggemar olah raga bola basket, putaran liga basket dari tahun ke tahun tentu menjadi hiburan tersendiri ... dengan pertunjukan teknik bola basket yang memukau, tujuan setiap pemain bola basket cuma satu mengangkat nama klub basket tempat mereka bernaung. Dari nama - nama klub basket Indonesia, manakah yang menjadi jagoan anda?


NAMA - NAMA KLUB BASKET DI INDONESIA

Sebenarnya memang ada banyak sekali nama - nama klub basket Indonesia, namun yang kita bicarakan adalah klub basket profesional yang berlaga di liga basket Indonesia.

Berikut ini adalah nama - nama klub basket Indonesia yang di bawah naungan induk organisasi bola basket Indonesia  :

  1. Pelita Jaya
  2. Satria Muda Pertamina,
  3. W88.News Aspac ( Stapac ) Jakarta
  4. Bank BJB Garuda Bandung,
  5. Pacific Caesar Surabaya,
  6. Hangtuah Sumsel,
  7. NSH Jakarta,
  8. Siliwangi Bandung,
  9. Satya Wacana Salatiga,
  10. Bima Perkasa Jogja.

nama - nama klub basket indonesia



PROFIL KLUB BOLA BASKET INDONESIA

1. Pelita Jaya EMP
Pelita Jaya adalah nama klub basket Indonesia yang tergabung dalam IBL Indonesia. Tim ini berbasis di Jakarta.
Selama 25 tahun berkompetisi di tingkat nasional, Pelita Jaya sudah berhasil menjadi juara sebanyak tiga kali. Prestasi Pelita Jaya di tingkat nasional terus menanjak dalam lima tahun belakangan ini, terutama setelah mereka dipegang oleh manajemen baru.

2. Aspac
W88 news Aspac adalah klub bola basket profesional Liga Bola Basket Nasional Indonesia (IBL Indonesia) dari kota Jakarta, tentu anda tidak asing juga dengan nama klub basket indonesia ini. Klub bola basket ini didirikan pada tahun 1986. Di pentas kompetisi basket tertinggi di Indonesia, sejak 1987, aspac selalu memelihara tradisi masuk putaran final four.

Prestasi :

Tingkat Nasional:
2000 - 2002 : Juara Kobatama (three-peat)
2003 , 2005 : Juara IBL
2012 - 2013 : Juara NBL Indonesia (back to back)

Tingkat Internasional:
1996 :  Juara SEABA , Surabaya; Juara Piala Merlion, Singapura; Peringkat ke-5 ABC Championship, Manila.
1997 : Peringkat ke-3 ABC Championship, Jakarta.
2001 : Runner Up SEABA, Manila.
2003 : Juara Sister City Piala Angsapura, Medan  Peringkat ke-5 ABC Championship, Kuala Lumpur, Malaysia
2004 : Semifinalis Negeri Sembilan, Malaysia Cup
2006 : Peringkat III Jakarta Sister City Basketball Tournament
2014 : Mewakili Indonesia di FIBA Asia Cup di Wuhan,

3. Satria Muda Pertamina
Satria Muda Pertamina adalah klub bola basket profesional yang bermain pada Liga Bola Basket Indonesia yang berasal dari Jakarta.

Awalnya dikenal sebagai Satria Muda Mahaka (Mahaka merupakan yayasan menjadi sponsor awal), dan mengikuti Liga basket pertama Kobatama pada tahun 1993. Satria Muda Mahaka memenangkan gelar Kobatama lima tahun kemudian.

Satria Muda kemudian bermain di Indonesian Basketball League pada tahun 2003. Setahun kemudian, Bank Rakyat Indonesia, melalui merek BritAma, menjadi sponsor utama tim ini, dan sejak itu identitas tim berubah menjadi Satria Muda BritAma. Kemudian pada 2015, Pertamina, menjadi sponsor utama tim, dan nama tim kembali mengalami perubahan yaitu menjadi Satria Muda Pertamina.

Satria Muda telah memenangkan empat gelar domestik (2004, 2006, 2008 dan 2009) dan juga memenangkan Piala SEABA Champions pada tahun 2008 setelah mengalahkan Harbour Centre Batang Pier dari Asean Basket Powerhouse Filipina.

Satria Muda juga menjuarai turnamen Liga Bola Basket Indonesia pada tahun 2006 dan meraih peringkat kedua pada kompetisi bola basket Sister City di Jakarta pada tahun yang sama. Mereka memainkan permainan kandangnya di BritAma Arena yang terletak di Mahaka Square di Kelapa Gading, Jakarta Utara yang mampu menampung 7.000 orang.

Di musim reguler IBL 2006 Satria Muda kembali tampil sebagai juara setelah mengalahkan Aspac Putra Riau 2-0 dalam final yang menggunakan format game the best of three. Beberapa pemain Satria Muda tercatat pernah memperkuat tim nasional basket Indonesia yaitu Faisal Julius Achmad, Amin Prihantono, Wendha Wijaya, Rony Gunawan, Wahyu Widayat Jati, Dwui Eriano, Youbel Sondakh dan Denny Sumargo.

4. CLS Knights
CLS Knights (dahulu CLS Good Day dan Cahaya Lestari Surabaya, disingkat CLS) adalah nama klub bola basket Indonesia di Liga Bola Basket Nasional Indonesia (NBL Indonesia) dari kota Surabaya. Dahulu CLS didukung oleh perusahaan Good Day, sehinggal sempat dikenal pula sebagai CLS Good Day. Pada kompetisi 2008, CLS berganti nama menjadi CLS Knights.

Pada kompetisi IBL 2007, CLS Good Day memiliki pelatih Hendro Wibisono dan manajer Ming Sudarmono. Pemain andalan klub ini adalah Charly Affandi dan Agustinus Indrajaya. Pada kompetisi 2008, CLS memiliki Simon Wong sebagai pelatih dan memiliki rookie terbanyak di antara tim peserta IBL yang lain, yaitu 7 orang,

5. Muba Hangtuah
Dilihat dari namanya sudah busa ditebak, tentu nama klub basket Indonesia ini berasal dari Sumsel karena Muba adalah daerah di Sumsel. Merupakan sebuah tim bola basket yang berasal dari Palembang, Indonesia. Klub ini bermain di Liga Bola Basket Nasional (IBL Indonesia). Klub bola basket ini didirikan pada tahun 1995.

Pada awalnya, tim ini merupakan hasil kerja sama Pengurus Provinsi Perbasi Sumsel, Yayasan Hangtuah Indonesia, dan Pemkab Muba (Musi Banyuasin). Hangtuah Sumsel adalah klub binaan dan dibentuk atas inisiatif dari H. Alex Noerdin ketika masih menjabat Bupati Muba, dengan nama Muba Hangtuah. Hangtuah yang kerap tampil membawa nama Muba dan Sumsel khususnya,kemudian berubah nama menjadi Hang Tuah Sumsel Indonesia Muda (HANGTUAH SUMSEL IM). Lalu pada IBL 2016, nama tim berganti menjadi Hangtuah Sumsel (HTS).

Beberapa mantan pemain utamanya antara lain ialah Adhitya Tuhangono, Chandra Nurhadi, Hapsak Merdeka Putra, Roberto Santo Yunarto dan masih banyak lagi. Pelatih tim basket Hangtuah saat ini ialah Paul Mario Sanggor.

6. Pacific Caesar Surabaya
Pacific Caesar Surabaya adalah tim bola basket di Surabaya, Indonesia. Bergabung di NBL Indonesia pada musim 2011-2012.

7. JNE Bandung Utama
NE Siliwangi adalah klub bola basket yang berawal di Bandung, Jawa Barat, Indonesia.