-->

Rahasia Atlet Basket Menjaga Tubuh Selalu Bugar

Menjadi seorang atlet dituntut untuk selalu siap dalam menghadapi berbagai event kejuaraan, ini semua tidak terlepas dari kondisi stamina tubuh yang selalu bugar. Sebagus apapun skill individu yang dimiliki jika tidak ditunjang dengan stamina yang prima, maka hal tersebut tentu sia - sia karena sang atlet tidak akan bertahan lama dalam bertanding.

Menjaga tubuh agar selalu tetap bugar, bisa dibilang juga merupakan salah strategi dalam pertandingan karena untuk memastikan kita dapat bertahan dalam durasi pertandingan yang lama. Apalagi jika tim lawan begitu kuat, tentu menjaga kebugaran tubuh merupakan persiapan yang wajib dilakukan.


RAHASIA ATLET MENJAGA KEBUGARAN TUBUH

Apa sih rahasia atlet menjaga kebugaran tubuh?  Ada beberapa tips yang selama ini diterapkan banyak atlet sehingga memiliki tubuh yang selalu bugar dan memiliki daya tahan yang prima, antara lain sebagai berikut :

1. Cukupi kebutuhan nutrisi

Sebagai seorang atlet seperti halnya pemain basket, tidak melulu hanya mengasah keterampilan teknik basket. Jangan sampai anda hanya berfokus latihan fisik namun kebutuhan nutrisi tidak diperhatikan. Nutrisi - nutrisi dan vitamin untuk pemain basket bisa anda penuhi dengan cara sederhana, konsumsilah buah, sayur, kacang, ikan, serta daging ayam tanpa kulit. 

2. Minum air putih yang cukup

Air berperan penting dalam tubuh kita. Minum lebih banyak air akan membantu tubuh Anda menerima oksigen dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Anda harus minum segelas air lebih banyak setiap kali melakukan aktivitas fisik.  Seorang atlet, sepertihalnya pemain basket seharusnya lebih sering mengisi tubuh mereka dengan oksigen karena hampir selalu terlibat dalam banyak aktivitas fisik.  

3. Jangan konsumsi pemanis buatan 

Mungkin anda bertanya - tanya, apa hubungannya pemanis buatan dengan menjaga kebugaran tubuh atlet? kenapa harus dihindari?  Pemanis buatan secara berlebih hanya akan memicu naiknya bobot tubuh seseorang. Jika begitu memang sebaiknya dihindari saja . 

4. Fokus pada kualitas latihan Anda

Menjaga kebugaran tubuh bagi seorang atlet bukan berarti selalu mengisi hari - hari dengan latihan fisik tanpa henti. Anda cukup berolahraga sebanyak 3 kali dalam seminggu selama 60 menit per sesinya. Sisanya? Lakukan saja aktivitas fisik biasa. Atau jika ada waktu luang, anda bisa mengisinya dengan permainan misalnya : tenis, futsal, bulu tangkis, basket, dan lain sebagainya bersama rekan-rekan Anda.

5. Hindari latihan beban berlebihan 

Latihan beban memang bisa membentuk otot dan membuat tubuh menjadi lebih kuat. Namun perlu diingat, jangan memaksakan dengan beban yang berlebihan, hal ini justru bisa mendatangkan cedera. Jika Anda berencana membangun otot, hindari untuk mengangkat beban terlalu berat. 

6. Istirahat yang cukup

Tahukah anda, tubuh anda membutuhkan istirahat, masing - masing organ tubuh membutuhkan waktu istirahat. Anda harus menyeimbangkan waktu antara menjalankan program latihan secara intens tiga atau empat kali setiap minggu dengan waktu istirahatnya. Istirahat diperlukan untuk mengembalikan kebugaran sehingga bisa menampilkan performa terbaik kita pada saat pertandingan.


BAHAN MAKANAN INI MENJAGA KEBUGARAN ATLET

Ada beberapa jenis bahan makanan yang dapat menunjang usaha anda untuk memiliki tubuh yang selalu tetap bugar, antara  lain :

1. Bluberi

Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan buah yang namanya "beri - beri an" . Ternyata buah beri baik sekali untuk dikonsumsi para atlet karena kaya akan karbohidrat serta mengandung tingkat antioksidan yang sangat tinggi seperti vitamin C.

2. Yogurt

Kandungan yogurt sangat bermanfaat menjaga kebugaran atlet. Protein, kalsium dan riboflavin pada yogurt sangat penting untuk kinerja atlet.  Protein membantu memperbaiki otot yang bekerja terlalu lama, kalsium penting untuk kontraksi otot dan riboflavin membantu kerja enzim.

3. Ubi

Anda jangan meremehkan ubi, siapa sangka jenis makanan ini bisa membantu atlet dalam menjaga kebugaran tubuhnya. Ubi jalar memiliki indeks glikemik yang sangat rendah. Karena karbohidrat ubi jalar diserap secara bertahap, ubi dapat memberi para atlet energi berkelanjutan selama sesi pelatihan atau kompetisi.
Rahasia Atlet Menjaga Tubuh Selalu Bugar



SEBAIKNYA ANDA HINDARI INI

Disamping beberapa hal yang disarankan seperti penjelasan di atas, ada juga beberapa hal yang sebaiknya dihindari, antara lain :

1. Telat makan

Bagaimanapun juga telat makan akan berdampak buruk bagi kesehatan secara keseluruhan. Sebagai seorang atlet, anda tetap membutuhkan energi, ketika anda terlambat makan sedangkan aktifitas anda tinggi, maka ini akan berdampak buruk yang mengancam kinerja anda.

2. Minuman berkafein

Kenapa harus dihindari?  Minuman yang tinggi akan kandungan gula seperti soft drink, kopi mengandung kalori yang tinggi tapi justru membuat Anda sering merasa lapar. Dan setelah beberapa waktu kemudian, energi Anda akan cepat habis.

3. Smoothies

Smoothies dikenal baik untuk mengganti energi yang hilang pasca olahraga. Tapi, seringkali minuman ini tidak dibuat dengan komposisi yang seimbang. Justru, kebanyakan smoothies lebih banyak mengandung kalori. Anda dapat membuatnya dengan susu low fat, susu kedelai dengan tambahan buah-buahan segar.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->