-->

Mengenal Nama - Nama Klub Bola Basket NBA

Nama klub basket NBA ada banyak sekali, saya yakin beberapa diantaranya tentu sudah tidak asing lagi di telinga anda, atau bahkan diantaranya ada yang menjadi team idola anda.

Jika kita melihat liga basket NBA memang sangat menarik, semua pemain memiliki postur yang tinggi besar, sehingga dapat memperagakan teknik - teknik basket yang menarik untuk ditonton. Kita semua tentunya memiliki impian, suatu saat Indonesia memiliki tim nasional bolla basket yang disegani di level internasional walaupun saat ini peringkat bola basket Indonesia di tingkat dunia masih memperihatinkan.

Kembali pada pembahasan tentang bola basket NBA, untuk menambah wawasan kita  teman - teman bisa mempelajari klub - klub basket NBA yang kami sebutkan di bawah ini.


NAMA - NAMA KLUB BOLA BASKET NBA

Sejarah permainan bola basket memang bukan berasal dari Indonesia, namun untuk memperluas wawasan kita ada baiknya kita mempelajari kiprah klub bola basket luar negeri seperti liga basket NBA. Berikut ini adalah beberapa nama klub basket NBA, salah satu diantaranya mungkin menjadi jagoan anda :

1. New York Knicks, kota : New York,
Sesuai namanya, klub basket NBA yang satu ini berbasis di New York City, New York. Klub New York Knicks berkompetisi di liga NBA di Divisi Atlantik, Wilayah Timur. Bermarkas di Madison Square Garden, Manhattan. Klub NBA ini didirikan oleh Ned Irish pada tahun 1946 dan bersama klub Boston Celtics menjadi salah satu dari dua klub yang berlokasi di kota yang sama sejak pertama bergabung bersama NBA.

2. Boston Celtics, kota : Boston, 
Tentu anda juga tidak asing dengan nama klub basket NBA ini, klub ini adalah salah satu peraih juara NBA terbanyak sepanjang masa. Didirikan pada tahun 1946. Boston Celtics adalah sebuah klub bola basket NBA yang bermarkas di Boston, Massachusetts. Celtics berkompetisi di National Basketball Association (NBA) sebagai anggota dari Wilayah Timur, Divisi Atlantik. Pemain basket terkenal seperti Jaylen Brown, pernah bermain untuk klub ini.

3. Toronto Raptors, kota : Toronto,
Memang pada umumnya, nama klub basket juga mewakili nama kotanya, seperti halnya klub Toronto Raptors.  Ini merupakan klub basket NBA yang berbasis di Air Canada Centre, Toronto, Ontario. Tim ini bergabung dalam NBA sejak tahun 1994 ketika dimiki oleh seorang pengusaha, John I. Bitove.

4. Brooklyn Nets, kota : New York,
Kota New York memiliki beberapa klub basket NBA, salah satunya adalah Brooklyn Nets. Klub ini didirikan pada tahun 1967. Brooklyn Nets adalah sebuah tim basket profesional Amerika Serikat yang bermarkas di borough Kota New York, Brooklyn. Nets berkompetisi dalam National Basketball Association (NBA) sebagai anggota Divisi Atlantik, Wilayah Timur. 

5. Philadelphia 76ers, kota : Philadelphia,
Seperti halnya klub basket lainnya, nama klub ini mewakili nama kotanya. Philadelphia 76ers didirikan pada tahun 1946 . Klub NBA yang satu ini berbasis di area metropolitan kota Philadelphia, Pennsylvania. 76ers berkompetisi sebagai anggota dari Divisi Atlantik di Wilayah Timur NBA. 

6. Cleveland Cavaliers, kota : Cleveland,
Ini adalah salah satu nama klub basket NBA yang populer dengan materi pemain yang bagus seperti Lebron James, tim ini mulai bermain pada tahun 1970. Tim ini berbasis di Cleveland, Ohio. Prestasi terbaik tim ini adalah menjadi juara Wilayah Timur (untuk pertama kali pada tahun 2007.

7. Indiana Pacers, kota : Indianapolis,
Klub basket NBA ini berbasis di Conseco Fieldhouse, Indianapolis, Indiana. Nama Pacers diambil dari sejarah Indiana tentang seekor kuda balap yang disebut Pacers.

8. Milwaukee Bucks, kota : Milwaukee,
Nama - nama besar legenda bola basket pernah bermain untuk klub ini. Ini merupakan klub bola basket NBA tang tergabung di Wilayah Timur, Divisi Tengah. Ada beberapa nama besar yang pernah membela klub NBA tersebut, seperti : Kareem Abdul-Jabbar, Sidney Moncrief, Oscar Robertson, Bob Dandridge, Bob Lanier, Glenn Robinson, Ray Allen, Sam Cassell, Junior Bridgeman, Michael Redd, Terry Cummings, Vin Baker, Jon McGlocklin, Marques Johnson, dan Brian Winters. Abdul-Jabbar dan Giannis Antetokounmpo telah memperoleh penghargaan Most Valuable Player saat sedang bermain untuk Bucks, dengan total empat penghargaan MVP.

9. Orlando Magic, kota : Orlando,
Sesuai dengan namanya, klub basket NBA ini berpusat di Orlando, Florida. Nama Magic diambil dari Magic Kingdom (Kerajaan Keajaiban) yang ada di Walt Disney World, Orlando. Nama tersebut terpilih dalam sebuah kontes dengan mengalahkan pilihan lain, yaitu Tropics dan Juice.

10. Minnesota Timberwolves, kota : Minneapolis,
Walaupun mungkin namanya agak asing di telinga anda, namun klub ini juga pernah menjadi juara. Tim ini berbasis di Minneapolis, Minnesota. Didirikan pada tahun 1989. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Target Center sejak tahun 1990. Gelar yang diraih adalah juara NBA divisi barat laut pada tahun 2004.

11. Detroit Pistons, kota : Auburn Hills,
Detroit Pistons adalah tim bola basket yang tergabung dalam NBA. Mereka telah meraih tiga kali juara kompetisi tahunan NBA (1989, 1990, 2004).

12. Miami Heat, kota : Miami,
Heat didirikan pada tahun 1988 dan bermarkas di Miami, Florida. Heat berkompetisi di National Basketball Association (NBA) sebagai anggota dari Wilayah Timur, Divisi Tenggara. Heat memainkan pertandingan kandang mereka di American Airlines Arena, dan telah memenangkan tiga gelar NBA.

13. Washington Wizards, kota : Washington,
Klub basket ini didirikan pada tahun 1961. Washington Wizards memenangkan empat gelar wilayah (1971, 1975, 1978, 1979) dan tujuh gelar divisi (1971, 1972, 1973, 1974, 1975, 1979, 2017).

14. Charlotte Hornets, kota : Charlotte,
Tim ini berbasis di Charlotte, North Carolina. Didirikan pada tahun 2004. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Time Warner Cable Arena sejak tahun 2004. Seragam mereka berwarna biru muda, teal, abu abu dan ungu tua

15. Atlanta Hawks, kota : Atlanta,
Atlanta Hawks adalah sebuah tim basket profesional Amerika Serikat yang bermarkas di Atlanta, Georgia. Hawks berkompetisi di National Basketball Association (NBA) sebagai anggota Wilayah Timur Divisi Tenggara. Hawks memainkan pertandingan kandang mereka di State Farm Arena.

16. Denver Nuggets, kota : Denver,
Tim ini berbasis di Denver, Colorado. Tim ini bermain di wilayah Barat di divisi Baratdaya. Didirikan pada tahun 1967. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Pepsi Center sejak tahun 1999. Gelar yang diraih adalah juara NBA divisi barat selama 7 kali.

17. Oklahoma City Thunder, kota : Oklahoma City,
Tim ini mulai mengikuti NBA pada musim (2008-09) dengan pertandingan pertamanya adalah melawan Milwaukee Bucks (partai tandang), di mana mereka kalah dengan skor 98-87.

18. Utah Jazz, kota : Salt Lake City,
Ini bukan nama grup musik jazz lo ya, ini adalah nama klub bola basket NBA. 
Tim ini berbasis di Salt Lake City, Utah. Musim terbaik Jazz diraih pada tahun 1996/97, ketika tim tersebuk membukukan rekor menang-kalah 64-18 dan untuk pertama kalinya melaju ke final NBA. Setelah tahun 2000, Jazz yang ditinggal pensiun oleh pemain-pemain terbaiknya masih bersaing ketat di NBA dengan adanya bintang baru seperti Andrei Kirilenko, Carlos Boozer, dan Deron Williams.

19. Phoenix Suns, kota : Phoenix,
Klub ini memang memiliki nama besar di ajang liga basket NBA. Tim ini didirikan pada tahun 1968 dan berbasis di Phoenix, Arizona. Phoenix Suns memiliki sejumlah prestasi, yaitu 2 gelar juara wilayah, 6 gelar juara divisi, dan tampil di babak playoff sebanyak 29 kali. Beberapa penghargaan pernah diraih pelatih dan klub basket ini di antaranya Cotton Fitzsimmons dan Mark D'Antoni (Pelatih terbaik 1989 & 2005), Alvan Adams, Walter Davis, dan Amare Stoudemire (Pendatang Baru Terbaik 1976, 1978, & 2003), serta Charles Barkley, dan Steve Nash (Pemain Terbaik NBA 1993 dan 2005).

20. Golden State Warriors, kota : Oakland,
Nama klub basket NBA ini tentu sudah populer di dunia basket. Tim ini bermain di Wilayah Barat, Divisi Pasifik, bermarkas di San Francisco, California. Didirikan pada tahun 1946 di Philadelphia, Warriors pindah ke Wilayah Teluk San Francisco pada tahun 1962 dan menggunakan nama kota tersebut, sebelum mengubah nama geografisnya menjadi Golden State pada tahun 1971

21. Portland Trail Blazers, kota : Portland,
Blazers merupakan sebutan umum tim basket NBA Portland Trail Blazers yang berbasis di Portland, Oregon. Tim ini didirikan pada 1970. Blazers telah tiga kali lolos ke final NBA namun hanya sekali memenanginya yaitu pada musim 1977. Mereka juga telah 25 musim lolos ke babak playoffs dan tiga kali menjadi juara wilayah serta empat kali menjadi juara divisi.


nama klub basket nba


22. Sacramento Kings, kota : Sacramento,
Tim ini berbasis di Sacramento, California. Di musim 2001/2, Kings mencapai musim terbaiknya di NBA dengan rekor menang kalah 61-21 dan menjadi juara wilayah Barat. Musim terburuk Kings di NBA dialami pada tahun 2008/09 dengan rekor menang-kalah 17-65.

23. Los Angeles Lakers, kota : Los Angeles,
Los Angeles Lakers adalah sebuah tim basket profesional Amerika Serikat yang bermarkas di Los Angeles. Lakers merupakan salah satu klub yang masuk dalam daftar juara NBA karena prestasinya, tim ini bermain di Wilayah Barat. Lakers pada periode tahun 1980-an dijuluki "Showtime" karena serangan fast break mereka yang dikomandoi oleh Magic Johnson. Tim ini kemudian memenangkan lima gelar dalam waktu sembilan tahun, dan terdiri dari para pemain Hall of Fame seperti Johnson, Abdul-Jabbar, dan James Worthy, serta ditukangi oleh pelatih Hall of Fame, Pat Riley. Nama - nama tersebut memang menjadi legenda bola basket terhebat sepanjang masa

24. Dallas Mavericks, kota : Dallas,
Tim ini berbasis di Dallas, Texas. Pada tahun 2011, Mavericks meraih gelar juara NBA untuk pertama kalinya. Beberapa penghargaan yang diperoleh pemain dan pelatih Mavs adalah Avery Johnson (Pelatih Terbaik 2006), Jason Kidd (Pendatang Baru Terbaik 1995), Dirk Nowitzki (Pemain Terbaik 2007).

25. New Orleans Pelicans, kota : New Orleans,
Sebelumnya nama klub basket ini dikenal sebagai Charlotte Hornets dari tahun 1988 ke 2002, dan New Orleans Hornets dari tahun 2002 ke 2013. Pada tanggal 18 April 2013, nama tim itu resmi berubah menjadi New Orleans Pelicans.

26. Houston Rockets, kota : Houston, 
Tim ini berbasis di Houston, Texas. Houston Rockets telah menjuarai kompetisi NBA sebanyak 2 kali, yaitu pada tahun 1994 dan 1995, ketika dimotori oleh Clyde Drexler dan Hakeem Olajuwon. Moses Malone, Hakeem Olajuwon, dan James Harden meraih gelar sebagai Most Valuable Player NBA bersama Rockets.

27. San Antonio Spurs, kota : San Antonio,
Nama klub Basket NBA ini cukup populer dengan penghargaan yang diperoleh selama liga basket NBA. Tim ini berpusat di San Antonio, Texas. Mereka telah memenangkan kejuaraan NBA sebanyak 5 kali, tahun 1999, 2003, 2005, 2007, dan 2014. Juara wilayah :  6 kali  (1999, 2000, 2005, 2007, 2013, 2014). Juara divisi : 20 kali 20 (1978, 1979, 1981, 1982, 1983, 1990, 1991, 1995, 1996, 1999, 2001, 2002, 2003, 2005, 2006, 2009, 2011, 2012, 2013, 2014)

28. Memphis Grizzlies, kota : Memphis,
Mungkin nama klub basket NBA yang satu ini agak asing di telinga anda. Tim ini berbasis di Memphis, Tennessee. Didirikan pada tahun 1995. Tim ini belum pernah meraih gelar divisi dan liga di NBA.

29. Chicago Bulls, kota : Chicago,
Nama klub basket NBA ini diberikan oleh pemilik klub, Dick Klein, berdasarkan nama sebuah industri peternakan yang ada di kota tersebut. Pada musim pertamanya bergabung dalam NBA pada tahun 1966/67, Bulls berhasil merebut 33 kemenangan sepanjang musim dan menembus babak playoff (penentuan)

30. Los Angeles Clippers, kota : Los Angeles,
Sesuai dengan namanya, klub basket NBA ini memang bermarkas di Los Angeles. Clippers bermain di Divisi Pasifik, Wilayah Barat. Pada tahun 2019, Clippers merekrut pemain yang pernah dua kali meraih penghargaan MVP Final NBA.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->