Apa Saja Nutrisi Dan Vitamin Untuk Atlet Basket



Vitamin untuk altet basket. Berikut ini jenis suplemen, nutrisi dan vitamin yang bagus untuk atlet bol basket.

Dalam permainan bola basket tidak melulu membahas teknik dasar bola basket, seorang atlet termasuk pemain basket juga perlu memperhatikan masalah kebutuhan gizi yang dikonsumsi setiap harinya. Ada asupan nutrisi dan vitamin tertentu yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pemain bola basket.

Vitamin untuk atlet basket juga dapat berpengaruh pada permainan karena akan berkaitan erat dengan tingkat stamina atlet basket itu sendiri. Stamina yang kuat juga akan membantu pemain basket dalam mendukung startegi permainan bola basket, misalnya untuk bertahan dari gempuran serangan lawan. Lalu apa saja sih vitamin untuk atlet basket itu?



PENGATURAN MAKANAN UNTUK ATLET BASKET ITU PENTING

Pemenuhan pemain basket dan pemilihan menu makanannya perlu diatur sedemikian rupa sehingga sebelum pertandingan dimulai, proses pencernaan makanan sudah selesai agar aliran darah terkonsentrasi menuju otot rangka. Aliran darah ke otot rangka ini bertujuan untuk menyalurkan zat gizi dan oksigen yang dibutuhkan pada saat otot berkontraksi untuk bergerak cepat, misalnya menembak bola.

Tapi kecukupan nutrisi atau vitamin untuk atlet basket tentu tak hanya membicarakan soal makanan. Pemain bola basket tetap harus mengawasi asupan cairannya. Sementara bertanding dan setelahnya, Anda tetap perlu tambahan cairan dengan air putih, jus buah, atau minuman olahraga yang diperkaya dengan elektrolit untuk mengganti cairan tubuh yang keluar melalui keringat guna mencegah dehidrasi di lapangan. Baca juga : cedera yang sering dialami pemain basket

Sedangkan pengaturan makan setelah pertandingan harus mengandung energi yang cukup terutama berkarbohidrat tinggi untuk mengganti cadangan glikogen yang telah dipakai selama latihan dan pertandingan, yang penting untuk percepatan proses pemulihan.



SUMBER GIZI YANG PENTING UNTUK ATLET BASKET

Berikut ini adlaah beberapa sumber gizi yang bagus untuk meningkatkan performa pemain basket :

1. Vitamin dan mineral

Vitamin untuk atlet basket akan membantu proses metabolisme pemain basket tetap prima. Mengkonsumsi sayur dan buah adalah langkah yang harus dilakukan oleh para pemain basket. Selama pertandingan basket berlangsung, para pemain juga perlu untuk mengkonsumsi air putih. Hal itu dilakukan agar para pemain tidak kehilangan cairan tubuh.

2. Protein

Asupan protein penting untuk pembentukan otot para atlet, termasuk pemain basket. Protein ini, kata Fendy, bisa didapatkan dari daging tanpa digoreng, susu, dan yogurt.

3. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks, diperlukan pebasket untuk pasokan dan ketersediaan energi mereka selama pertandingan. Untuk karbohidrat kompleks, para pemain basket bisa mengkonsumsi oat (gandum) atau beras merah. Untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks dilakukan ketika tiga jam atau empat jam sebelum bertanding, dengan kadar porsi sekitar 200 gram. Hal tersebut akan cukup untuk memasok dan menopang cadangan energi para pemain basket.


vitamin untuk atlet basket




SUPLEMEN UNTUK ATLET BASKET

Selain vitamin untuk atlet basket yang telah dibahas di atas, ada juga suplemen yang bagus untuk atlet bola basket seperti di bawah ini :

1. Vitamin B

Vitamin B dapat membantu meningkatkan mood serta berfungsi untuk detoksifikasi yang dibutuhkan atlet setelah melakukan latihan berat. Proses membangun dan memperbaiki otot (pengolahan protein) menghabiskan vitamin B yang ada di tubuh, sehingga para atlet membutuhkan asupan vitamin B tambahan. Carilah suplemen yang mengandung Riboflavin-5'-phosphate (B-2), Methylcobalamin (B-12), Pyridoxal-5'-fosfat (B-6), dan Benfotiamine (B-1), karena merupakan bentuk yang dapat diserap tubuh Anda. Hindari vitamin B dalam bentuk hidroklorida (HCL) karena tidak dapat diserap tubuh. Pastikan Anda mengonsumsinya pada pagi hari. Produksi urine Anda mungkin akan berwarna kuning hingga kuning pekat, jadi Anda tidak perlu khawatir.

2. Asam Lemak Omega-3 

Merupakan suplemen yang saat ini sangat diminati di pasaran. Asam lemak omega-3 berfungsi untuk kesehatan kardiovaskular, meningkatkan profil lipid, meningkatkan fungsi otak dan fungsi mental, serta sebagai anti-inflamasi yang kuat tanpa efek samping yang berbahaya seperti obat bebas. Atlet dan orang-orang dengan tujuan meningkatkan komposisi tubuh bisa memulainya dengan 3.000 mg omega-3 dibagi menjadi 2-3 dosis (kadar asam lemak omega-3 ini bertahan dalam tubuh sekitar 8 jam). Dosisnya dapat ditingkatkan hingga 6.000 mg per hari. 

3. Vitamin C
Vitamin C perlu dikonsumsi bersama karbohidrat untuk meningkatkan penyerapannya. Sumber vitamin C utama ialah buah-buahan. Vitamin C membantu memproduksi ATP yang berfungsi untuk penyembuhan luka. Dan merupakan kofaktor untuk membentuk kolagen dan memperbaiki otot. Menurut RDS Amerika Serikat, 90 mg vitamin C sudah cukup untuk mencegah timbulnya penyakit. Atlet harus mengonsumsi vitamin C minimal 4,000-8,000 mg sehari. Vitamin C baik dikonsumsi selama latihan berlangsung dan setelah latihan. 

4. Vitamin D

Vitamin D dihasilkan oleh tubuh ketika terpapar oleh sinar matahari, dan kebanyakan dari kita tidak memproduksinya dalam jumlah yang cukup walaupun kita sering terpapar matahari. Kadar vitamin D diukur dengan hydroxyvitamin D (bentuk kimia) dalam darah dengan jumlah normal 35.  Namun kadar ideal yang dibutuhkan yaitu 70-90, terutama untuk atlet. Selain bekerja dengan kalsium untuk meningkatkan kepadatan tulang, vitamin D membantu mengurangi peradangan, risiko kanker usus besar dan payudara, meningkatkan mood dan kesehatan pernapasan bagian atas, serta memungkinkan otak untuk melepaskan melatonin sehingga kita bisa tidur lebih nyenyak. Vitamin D sebaiknya dikonsumsi malam hari sekitar 1 jam sebelum tidur. Bentuk yang paling baik untuk diserap oleh tubuh adalah bentuk cair dan diletakkan di bawah lidah selama 30 detik.

5. Coenzyme Q10 (CoQ10)

CoQ10 merupakan enzim yang dapat menghilangkan asam laktat yang menumpuk di tubuh. Enzim ini juga sangat penting untuk kesehatan jantung. CoQ10 menjaga jantung tetap berdetak saat "stres" pada latihan atletik. Bentuk paling baik dari CoQ10 ialah ubiquinone (bukan ubiquinol karena ia memasuki aliran darah namun tidak memasuki sel-sel tubuh). Pastikan untuk tidak mengonsumsi CoQ10 bersamaan dengan minyak ikan atau suplemen dengan dasar minyak, karena akan menggangu penyerapannya. Dosis yang dianjurkan adalah 100-200 mg sehari. Jika Anda adalah seorang atlet, Anda dapat meningkatkan dosis CoQ10 ketika mendekati pertandingan karena sangat efektif untuk meningkatkan kinerja, daya tahan, kekuatan dan pemulihan. Enzim ini baik dikonsumsi setelah latihan dan hindari dikonsumsi mendekati jam tidur karena akan menstimulasi energi terutama di jantung. 

6. Magnesium

Magnesium merupakan salah satu dari tiga suplemen yang direkomendasikan untuk atlet, karena merupakan elemen penting dalam sistem biologis dan sebagian atlet cenderung kekurangan zat ini. Magnesium penting karena dapat membantu mengatur irama jantung, memungkinkan otot berkontraksi dan rileks dengan baik, serta menurunkan tekanan darah. Suplemen ini baik dikonsumsi setelah latihan dengan perut kosong. Setiap individu membutuhkan 600 mg sehari, dan pada atlet dengan latihan berat membutuhkan hingga 2.000 mg per hari.




JENIS MAKANAN PENAMBAH STAMINA 

Makanan ini dapat membuat Anda tetap fit dan juga memberikan semua energi yang Anda butuhkan. 

1. Jagung

Jagung merupakan salah satu bentuk terbaik dari karbohidrat yang dapat Anda miliki. Jagung memberi tubuh Anda glikogen yang dapat diubah menjadi energi dalam beberapa menit.

2. pisang

Pisang memiliki kombinasi serat dan fruktosa atau gula alami. Makan pisang dapat memberikan energi instan dan meningkatkan stamina untuk waktu yang jangka panjang.

3. Beras merah

Beras merah merupakan karbohidrat kompleks yang memiliki banyak serat dan vitamin B kompleks. Beras merah juga memiliki sedikit pati sehingga dapat dicerna dengan lambat. Itu sebabnya, Anda merasa kenyang lebih lama dan merasa lebih energik setelah makan beras merah.

4. Almond

Almond memiliki banyak Vitamin E dan asam lemak omega-3. Ini adalah lemak baik yang dapat dimetabolisme untuk memberikan energi dan tidak menumpuk di dalam tubuh.

5. Air

Jika tubuh Anda tidak terhidrasi dengan baik, Anda tidak akan merasa energik. Air menghapus semua racun dari tubuh sehingga membuat tubuh lebih bugar dan sehat.

6. Oatmeal

Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks. Ini membuat Anda kenyang untuk waktu yang lama dan terus memberi energi selama berjam-jam.

7. Kopi

Kopi atau lebih tepatnya kafein adalah sebuah stimulan instan. Kafein memberikan energi pada otak dan membuat Anda terjaga. Namun hati-hati, minum kafein dalam jumlah besar bisa berbahaya bagi tubuh.

8. Anggur merah

Anggur merah memiliki banyak gula alami yang dapat langsung diubah menjadi energi. Anggur juga mengandung bahan kimia yang disebut resveratol yang membantu untuk membangun stamina dalam jangka panjang.


9. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau memiliki banyak serat dan juga kaya akan vitamin C. Serat membuat Anda kenyang dan Vitamin C merupakan energi yang dapat meningkatkan nutrisi.

10. Apel

Apple sangat kaya akan zat besi. Besi meningkatkan jumlah hemoglobin darah dan memungkinkan setiap sel dalam tubuh untuk mendapatkan kembali energi dengan lebih cepat.

11. Jeruk

Buah jeruk memberi pasokan energi yang besar karena dapat membersihkan tubuh dari racun dan meningkatkan imunitas. Segelas jus jeruk di pagi hari akan membantu Anda merasa energik sepanjang hari.

12. Teh Hijau

Sama seperti kafein, teh hijau juga merupakan stimulan otak. Tetapi itu adalah pilihan yang lebih sehat karena memiliki antioksidan yang membersihkan sistem tubuh.

13. Labu

Labu adalah sayuran yang memberikan kontribusi untuk segala jenis kesehatan. Sayur ini tidak tinggi kalori tetapi dapat mengenyangkan perut dan mengontrol hormon untuk membuat Anda merasa lebih bugar dan energik.

14. Selain kacang

Selai kacang mengandung banyak asam lemak omega-3 atau dikenal sebagai lemak baik. Jenis lemak ini melindungi jantung, mengurangi rasa nyeri dan juga memberikan Anda energi untuk jangka waktu yang lama karena mereka dapat dicerna perlahan.