-->

Bentuk Program Latihan Basket Untuk Meraih Prestasi

Program latihan basket sangat penting untuk meningkatkan performa dan keahlian atlet untuk mencapai prestasi yang tinggi.

Mengikuti segala bentuk program latihan basket merupakan hal yang penting yang harus dilakukan para oleh atlet basket.  Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan dan prestasinya secara semaksimal.

Dengan program latihan basket diharapkan bisa meningkatkan secara keseluruhan performa terbaik dari seorang atlet, baik secara fisik maupun mental sehingga terbentuk atlet yang tangguh dan tahan mental dalam kondisi apapun, dengan karakter dan disiplin tinggi. 

Program latihan basket juga dapat mengembangkan bakat sesuai dengan potensinya sehingga dengan berbagai bentuk latihan yang terprogram dengan baik dan benar akan tercipta lahirnya atlet yang tidak hanya berprestasi dalam kejuaraan-kejuaraan akan tetapi dari sisi psikologis juga akan terbentuk karakter yang tangguh dan penuh tanggung jawab. 



PROGRAM LATIHAN UNTUK ATLET BOLA BASKET

Program latihan basket yang disusun oleh pelatih sangatlah penting untuk mencapai target dari tim dalam meraih prestasi.

Pada umumnya bentuk program latihan basket dibagi menjadi 3 : 

1. Program latihan basket jangka pendek antara 1 tahun kebawah. 

Program jangka pendek meliputi pelaksanaan operasional rencana jangka menengah. Sasaran latihanpun merupakan penjabaran sasaran dari program jangka menengah.

2. Program latihan basket jangka menengah antara 2 – 4 tahun.

Program latihan basket jangka menengah meliputi pelaksanaan rencana jangka panjang sehingga prosedur yang benar dapat dilihat dalam contoh seperti : Sea Games yang diadakan setiap 2 tahun sekali merupakan pelaksanaan langsung menuju Asian Games yang diadakan setiap 4 tahun. Sedangkan Asian Games secara logika sebagai pelaksanaan menuju Olympiade Games yang diadakan setiap 4 tahun pula.

3. Program latihan basket jangka panjang antara 5 – 12 tahun. 

Program latihan jangka panjang merupakan tujuan akhir dari cita-cita puncak prestasi. Pada umumnya rencana jangka panjang dalam kegiatan olahraga prestasi di negara maju mengambil waktu 6, 8, 10, 12 tahun. Kemudian rencana jangka panjang dijabarkan menjadi rencana menengah, selanjutnya dirinci menjadi rencana jangka pendek. Jadi rencana jangka pendek merupakan pelaksanaan langsung rencana jangka menengah dan rencana jangka menengah merupakan pelaksanaan jangka panjang. 


program latihan basket


MANFAAT LATIHAN FISIK YANG TERPROGRAM

Latihan fisik dalam bola basket tidak hanya mendukung teknik bola basket dan untuk mengejar prestasi puncak, secara umum ini bermanfaat sekali dalam kesehatan. Faktor kesehatan juga merupakan hal yang penting diperhatikan dalam membentuk atlet yang tangguh.

Secara umum, manfaat latihan fisik dalam olahraga adalah sebagai berikut :

1. Mencapat berat badan ideal

Latihan fisik setidaknya dilakukan sekitar dua jam dalam seminggu agar anda memiliki berat badan ideal dan ingin tetap terus mempertahankannya . Bagi Anda yang kelebihan berat badan, selain melakukan latihan fisik secara teratur, juga perlu menjaga pola makan sehat, mencukupi kebutuhan nutrisi, dan memperhatikan jumlah kalori yang Anda konsumsi.

2. Meningkatkan energi

Latihan fisik dalam bola absket yang teratur dapat memperlancar penyaluran nutrisi dan oksigen ke berbagai jaringan tubuh dan membantu sistem kardiovaskular bekerja lebih efektif. 

3. Menurunkan risiko terkena penyakit serius

Olahraga memang pangkal kesehatan, termasuk jika anda teratur mengikuti program latihan basket. Orang yang sering melakukan latihan fisik maka akan terhindar dari beragam risiko penyakit serius, seperti pengeroposan tulang (osteoporosis) yang dapat berdampak patah tulang pinggul, kanker usus, diabetes tipe 2, radang pada sendi (osteoartritis), menurunnya daya pikir pada lanjut usia (demensia), penyakit jantung, sindrom metabolik dan kematian dini.

4. Mengontrol emosi 

Tidak hanya meningkatkan kesehatan tubuh, program latihan fisik ternyata bisa juga membuat mood Anda menjadi lebih terkontrol. Latihan fisik mampu memicu keluarnya hormon endorfin yang dapat menekan rasa sakit atau menimbulkan rasa senang dan nyaman, sehingga emosi lebih terkontrol.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->