-->

Legenda Bola Basket Dunia Terhebat Sepanjang Masa

Legenda bola basket terhebat berikut ini, rekor dan prestasinya tidak akan terlupakan sepanjang masa.

Beberapa tokoh legenda berikut ini, walaupun bukan lagi pemain bola basket, namun prestasinya saat membela timnya masing - masing, layak disebut sebagai legenda bola basket dunia yang rekornya belum tergoyahkan hingga gelaran kompetisi NBA sekarang ini.

Bagi penggemar bola basket, tentu semua merindukan berbagai teknik bola basket yang mereka peragakan dalam mengalahkan lawan - lawannya. Siapa saja legenda bola basket terhebat itu ?



LEGENDA PEMAIN BOLA BASKET DUNIA TERHEBAT

Berikut ini adalah beberapa legenda bola basket dunia yang prestasinya selalu menjadi sumber motivasi bagi pemain bola basket sekarang ini :

1. Magic Johnson

Seorang mantan pemain bola basket Amerika Serikat yang namanya selalu dikenang sebagai salah satu legenda bola basket terhebat dunia. Ia adalah salah satu pelempar bola dan point guard terbaik dalam sejarah pertandingan NBA. Magic Johnson bermain sebagai point guard di Los Angeles Lakers selama 13 musim kompetisi.

Pencapaian karier Magic Johnson termasuk NBA MVP Awards, 9 kali tampil di NBA Finals, 12 All-Star games, dan 10 kali nominasi All-NBA First and Second Team. Ia memimpin 4 kali the league in regular-season assists, dan the NBA's all-time leader assists per game,11.2. Johnson bagian dari team United States men's Olympic basketball team 1992 ("The Dream Team"), yang meraih medali emas pada olimpiade tahun 1992 di Barcelona.

Pemain yang memiliki nama asli Earvin Johnson Jr. ini adalah salah satu point guard terbaik sepanjang sejarah NBA. Selain mendapat penghargaan MVP, Johnson tampil dalam 9 final NBA, 12 All-Star Games, dan 10 kali masuk nominasi All-NBA First and Second Team. Ia juga menjadi bagian tim Olimpiade Amerika Serikat yang meraih medali emas di Olimpiade 1992 di Barcelona. 

2. Michael Jordan

Siapa yang tidak mengenal legenda bola basket dunia ayang satu ini. Ia mulai berkarier di NBA pada 1984 dan bergabung dengan klub Chicago Bulls hingga 1998. Selama kariernya, ia telah mengoleksi enam gelar juara dan lima kali ditunjuk sebagai MVP reguler.

Sulit mencari pemain yang memiliki kemampuan seperti Michael Jordan. Bukan tentang catatan statistiknya, tetapi mengenai upayanya memainkan bola, mengendalikan permainan, dan membantu tim menggapai kemenangan. Pemain paling dekat dengan sosoknya adalah LeBron James. Kompetisi NBA di dekade 90-an – saat Jordan aktif bermain – memang tidak sebagus di dekade sebelumnya ketika Magic Johnson dan Larry Bird mendominasi atau di era LeBron saat ini. Namun di periode tersebut, kompetisi NBA masih cukup sehat. Selain itu ada pemain-pemain besar seperti Hakeem Olajuwon, Shaquille O’Neal (yang masih muda), Patrick Ewing, David Robinson, Charles Barkley, Karl Malone dan John Stockton yang meramaikan persaingan.

3. Bill Russell

Nama ini menjadi salah satu legenda bola basket dunia yang merupakan salah satu pemain pertama yang meraih medali emas olimpiade di cabang basket, juara NBA, dan juga kampiun di level perguruan tinggi.

Bill Russell juga mengoleksi berderet prestasi gemilang sepanjang berkarier di NBA. Dia merupakan salah satu dari 50 pemain terbaik sepanjang masa NBA. Russel memenangi lima penghargaan most valuable player (MVP), 12 kali masuk NBA All-Star, dan meninggalkan warisan berupa shotblocker super yang merevolusi konsep bermain bertahan di NBA.

Hanya terdapat sembilan klub di kompetisi NBA pada pertengahan dekade 60-an. Ini membuat upaya memenangkan gelar juara terlihat lebih mudah. Namun perlu diingat, dengan jumlah klub yang lebih sedikit, terdapat lebih banyak pemain bintang di satu tim. Pada saat itu, bisa dikatakan tiap klub bisa dipertimbangkan sebagai “super team”, dengan 3-4 pemain berkelas Hall of Famer dan satu debutan. Namun di antara semua itu, Bill Russell yang paling menonjol. Dari prestasi yang diraihnya, tak heran jika dia disebut sebagai salah satu legenda bola basket terhebat sepanjang masa. 

4. Larry Bird

Dia diakui dan diingat sebagai salah satu legenda bola basket terhebat dalam semua permainannya. Bird bermain di sektor forward , sebagai small forward dan power forward untuk 13 musim. Ia pensiun sebagai pemain NBA pada tahun 1992.

Prestasinya jelas, luar biasa, dan layak mendapatkan sorotan. Larry Bird 12 kali terpilih dalam NBA All-Star Games, tiga kali membantu klubnya menjadi juara NBA, dan tiga kali mendapatkan penghargaan MVP. Baca juga : makalah bola basket

5. Wilt Chamberlain

Dia dikenal sebagai salah satu pemain terbaik dan paling dominan dalam sejarah NBA. Chamberlain masuk dalam Basketball Hall of Fame pada tahun 1978. 

Chamberlain memegang banyak rekor dalam sejarah bola basket NBA, membuat rekor pada mencetak angka, rebound dan kategori-kategori lain. Rekor lainnya, dia merupakan satu-satunya pemain NBA dalam sejarah yang mampu mencetak rata-rata lebih dari 40 dan 50 point per game (PPG), selain dari 100 point per game dalam satu pertandingan. Dengan prestasi itu tak salah jika dia dikenal sebagai legenda bola basket terhebat.

Sebelum era Magic Johnson dan LeBron James, adalah pemain paling besar dan ‘sangar’ di NBA. Sosoknya seperti Shaquille O’neal di masa kini. Dengan mudah ia ‘mengalahkan’ siapa saja yang mencoba menghadangnya. Bahkan pemain sekelas Bill Russel tidak tahu apa yang harus diperbuatnya saat menghadapi Wilt Chamberlain.

Sepanjang kariernya, ia banyak memperoleh penghargaan, di antaranya 2 kali juara NBA(1967, 1972), 4 kali NBA MVP (1960, 1966-1968), 1 kali NBA Finals (1972), dan 1960 NBA Rookie of the Year.

6. Kareem Abdul-Jabbar

Merupakan legenda bola basket profesional NBA berkebangsaan Amerika Serikat, yang memegang rekor poin terbanyak dan menjadi legenda bola basket dunia sepanjang sejarah kompetisi NBA.

Hingga saat ini, puluhan tahun setelah kiprahnya usai di NBA, Kareem Abdul-Jabbar masih memegang rekor sebagai pencetak angka terbanyak dengan 38.387 poin. Jumlah ini lebih dari 6.000 poin dari angka yang diukir Michael Jordan sepanjang kariernya di NBA. Baca juga : skor bola basket


7. Jerry West

Seorang mantan pemain bola basket Amerika Serikat yang bermain untuk Los Angeles Lakers di kompetisi National Basketball Association (NBA). Julukannya termasuk Mr. Clutch, karena kemampuannya membuat sandiwara besar dalam situasi genting, antara lain tembakannya yang terkenal dari jarak 60 kaki di menit akhir pertandingan yang menyamakan kedudukan di Game ke-3 final NBA 1970 saat melawan New York Knicks.

Dia kemudian memulai karier 14 tahun dengan Los Angeles Lakers, dan menjadi kapten tim Olimpiade AS 1960 yang meraih medali emas.

Pemain ini memiliki performa yang istimewa dan sangat produktif sehingga NBA masih menggunakan siluetnya di logo. Hal tersebut sangat gamblang menjelaskan semuanya. Jerry West bermain dalam All-Star Game tiap tahun sepanjang 14 musim karier NBA-nya. Dan dia adalah satu-satunya pemain yang menjadi MVP dari sebuah tim yang kalah. 

8. Tim Duncan

Seorang legenda bola basket dunia yang bermain untuk tim San Antonio Spurs sebagai power forward dan sekaligus merupakan kapten dari Spurs.

Sepanjang kariernya, Tim Duncan telah mengoleksi dua penghargaan MVP dan tiga trofi MVP di partai final. Selain itu ia 15 kali terpilih di tim All-NBA dan All-Defensive serta tampil dalam 15 NBA All-Star Games. Selama bermain di NBA, pemain andalan San Antonio Spurs ini telah melesakkan 26.000 poin, lebih dari 15.000 rebound, dan tidak kurang dari 3,000 blocked shot. Hanya Kareem Abdul-Jabbar pemain lain di NBA yang bisa menyaingi.

9. Hakeem Olajuwon

Dia adalah seorang mantan pemain bola basket dari tim Houston Rockets pada kompetisi NBA. Dengan tinggi 2.13 m, Hakeem termasuk dalam lima pemain tengah legendaris NBA. 

Dekade 90-an adalah masanya pemain center bertubuh tinggi, dan mungkin besar. Di periode itu, tidak ada yang mengalahkan Hakeem Olajuwon. Meski saat itu ada David Robinson, Patrick Ewing, dan pemain muda Shaquille O’neal yang berposisi sama, Olajuwon tampil paling menonjol. Kepiawaiannya mengantarkan Houston Rockets memenangkan gelar juara NBA secara berturut-turut pada 1994 dan 1995. Hingga saat ini sosoknya masih tercatat sebagai pemimpin dalam daftar pemain dengan blocked shot terbanyak di NBA. Sayangnya, di periode itu partai final impian yang mempertemukan Chicago Bulls dengan Michael Jordan sebagai bintang dan Houston Rockets dengan Olajuwon sebagai influencer tim tidak pernah terjadi.

10. LeBron James

Tentu anda tidak asing dengan legenda bola basket yang satu ini, karena ini adalah pemain generasi sekarang ini. Pemain basket profesional asal Amerika yang bermain untuk Houston Rockets dari National Basketball Association (NBA). James telah memenangkan 3 NBA championships (2012, 2013, 2016), 4 NBA Most Valuable Player Awards (2009, 2010, 2012, 2013), 3 NBA Finals MVP Awards (2012, 2013, 2016), 2 Olympic gold medals (2008, 2012), 1 NBA scoring title (2008), dan NBA Rookie of the Year Award (2004). Ia juga terpilih 12 kali dalam tim NBA All-Star (dinamai 2 kali MVP), 12 All-NBA teams, dan 6 All-Defensive teams, serta leading scorer Cavaliers sepanjang masa.

LeBron James adalah pemain bola basket terbaik (di NBA) dalam 15 tahun terakhir. Keahliannya tidak hanya mencetak angka, namun juga kemampuan mendistribusikan bola dan menghalau serangan lawan. Sebagai pemain, kemampuannya sangat kompleks. Dan dalam daftar ini, ia satu-satunya orang yang masih bermain dan memiliki kemungkinan meningkatkan statistik dan prestasi untuk menjadi pemain bola basket terbaik dunia nomor satu.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->