-->

Mengenal Toronto Raptors Juara NBA 2019

Toronto Raptors sebenarnya bukan nama asing dalam dunia perbasketan, terutama pada  ajang liga basket profesional NBA di Amerika Serikat. Mungkin teman - teman ada yang kurang familiar dengan nama klub basket NBA yang satu ini, padahal tim ini belum lama ini menjuarai liga basket NBA tahun 2019 lalu.

Perlu teman - teman ketahui, Toronto Raptors sebenarnya bukan tim asli dari Amerika Serikat, ini adalah tim bola basket Kanada namun tergabung dalam National Basketball Association. Tim ini berbasis di Air Canada Centre, Toronto, Ontario. 

Pada tahun 1994, Toronto Raptors bergabung dalam NBA, ketika itu klib ini dimiliki oleh seorang pengusaha, John I. Bitove. Bersama dengan Vancouver Grizzlies, kedua tim tersebut menjadi tim asal Kanada pertama yang berkompetisi di NBA sejak tahun 1946/47. Nama Raptors dipilih berdasarkan sejenis dinosaurus pemakan daging.

Seiring dengan semakin serunya gelaran liga basket NBA, Toronto Raptors turut ambil bagian. Memang, selama dalam perjalanan panjang, tim ini juga mengalami pasang surut. Namun pada akhirnya ... Toronto Raptors mampu membuktikan diri, dengan teknik bola basket yang memukau dan didukung oleh pemain - pemain yang mumpuni, akhirnya mencapai puncak prestasi dengan menjuarai NBA tahun 2019.

Profil Toronto Raptors

Wilayah Timur
Divisi Atlantik
Dibentuk 1995
Arena Scotiabank Arena
Letak Toronto, Ontario
Warna tim Merah, hitam, perak, emas, putih
Juara 1 (2019)
Gelar Wilayah 1 (2019)
Gelar Divisi 6 (2007, 2014, 2015, 2016, 2018, 2019)


Toronto Raptors Juarai NBA 2019

Toronto Raptors menorehkan catatan tersendiri, menjadi tim Kanada pertama yang berhasil menjuarai NBA. Liga basket NBA terdiri dari 30 tim, saat ini Raptors menjadi satu-satunya tim dari negara tersebut, sedangkan 29 tim lainnya berbasis di Amerika Serikat.

Sebuah kejutan memang, Toronto Raptors berhasil meraih titel NBA pertama dalam sejarahnya usai menghempaskan juara bertahan Golden State Warriors. 

Gelar juara dipastikan Raptors lewat kemenangan 114-110 atas Warriors di gim keenam final NBA, Jumat (14/6/2019). Dengan demikian, Raptors mengungguli Warriors 4-2 dalam final series, yang mengusung format best of seven.

Menyusul beberapa tim basket lainnya, sukses ini menandai Raptors sebagai juara baru NBA. Hingga kini ada 20 klub yang pernah menjuarai kompetisi basket paling bergengsi itu. Boston Celtics adalah pemegang rekor titel juara NBA terbanyak sepanjang masa (17), diikuti Los Angeles Lakers (16).
toronto raptors


Dengan keberhasilan ini, Toronto Raptors menggagalkan ambisi three-peat Golden State Warriors (juara tiga kali beruntun). Sebelumnya, Warriors merebut gelar juara NBA 2017 dan 2018.

Pelatih Raptors Nick Nurse menjadi pelatih rookie ketiga yang berhasil memimpin timnya juara NBA dalam lima tahun terakhir setelah Steve Kerr (2015) dan Tyronn Lue (2016). 

Kawhi Leonard memenangi MVP Finals untuk kedua kali dalam kariernya dengan dua klub yang berbeda (sebelumnya di San Antonio Spurs). Leonard menyamai pencapaian Kareem Abdul-Jabbar (Milwaukee Bucks & LA Lakers) dan legenda bola basket yang telah kita kena, LeBron James (Miami Heat & Cleveland Cavaliers).

Adapun three-peat yang terwujud dengan keberhasilan Raptors menjuarai NBA musim ini. Shooting guard Raptors Patrick McCaw akan mendapatkan cincin juara ketiganya setelah dua kali juara dengan Warriors di 2017 dan 2018.

Center Raptors Marc Gasol mengikuti jejak kakaknya, Pau Gasol, yang pernah memenangi gelar juara NBA dengan LA Lakers pada 2009 dan 2010.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->