Ketentuan Penghitungan Penilaian Skor Bola Basket



Skor bola basket. Berikut ini ketentuan penghitungan penilaian skor bola basket yang wajib anda tahu.

Bermain bola basket tidak sekedar sehat dan bugar yang ingin kita dapat, namun tentunya juga kemenangan, apalagi jika pertandingan bola basket seperti event resmi. Kemenangan atau skor bola basket dalam setiap pertandingan bola basket diukur dengan banyaknya nilai yang diperoleh setiap tim dengan memasukkan bola basket ke ring lawan.

Dalam menghitung skor bola basket ada ketentuan yang mengatur sehingga setiap tembakan atau shooting dalam bola basket. Sehingga setiap tembakan bisa saja menghasilkan nilai yang berbeda, pada umumnya tembakan dari jarak yang jauh akan menghasikan nilai yang lebih tinggi. Untuk itu setiap pemain bola basket profesional tidak hanya harus menguasai teknik dasar bola basket, melainkan juga wajib menguasai teknik cara melakukan shooting bola basket yang benar untuk menghasilkan skor bola basket yang tinggi.


KETENTUAN PENGHITUNGAN SKOR BOLA BASKET

Berikut ini adalah beberapa ketentuan dalam peraturan permainan bola basket dalam menghitung skor bola basket :

1. Tembakan 1 Point. Ini merupakan nilai atau skor bola basket paling rendah. Skor 1 Point ini diberikan apabila pemain basket melakukan Lemparan atau Shooting melalui titik pinalti, biasanya finalti ini diberikan 2 kali pada setiap terjadi pelanggaran oleh tim lawan.

2. Tembakan 2 Point. Skor bola basket bernilai 2 apabila :
  • Bola masuk ke ring berasal dari tembakan hasil Lay Up dalam garis Penalti (2 Point Field goal Area) 
  • Pemain lawan tidak sengaja memasukan bola kedalam ring sendiri.
  • Setelah bola menyentuh ring basket pada lemparan bebas terakhir dan disentuh dengan benar oleh pemain penyerang atau pemain bertahan.

3. Tembakan 3 Point. Ini adalah skor bola basket yang tertinggi. Untuk mendapatkan point yang istimewa yaitu 3 point sekaligus pemain harus melakukan tembakan atau melempar bola basket dari luar garis penalti.

Dari penilaian skor bola basket di atas, lalu timbul pertanyaan ... bagaimana jika kedua tim yang berlawanan mendapatkan skor yang sama?  Pada olahraga basket tidak ada yang namanya seri, jadi ketika waktu berakhir dan poinnya sama, ada yang namanya perpanjangan waktu (overtime) selama 5 menit untuk melanjutkan pertandingan dan mencari pemenang.. 

skor bola basket

CARA MEMBACA BOXSCORE BOLA BASKET

Tahukah anda apa itu boxscore?  Boxscore adalah alat yang menampilkan rangkuman dari statistik pertandingan yang detail hingga ke stats pemain-pemainya. Di sebuah pertandingan basket, dengan melihat boxscore, anda dapat mengevaluasi pertandingan dan performa suatu tim.

Di dalam suatu pertandingan basket, selain skor bola basket ... terdapat stats-stats yang penting untuk dicatat, yakni sebagai berikut:
  • Minutes (MIN). Menandakan waktu bermain suatu pemain dalam satuan menit.
  • Field Goals (FG). Menandakan jumlah tembakan yang diambil suatu pemain. Field Goals biasanya dipisah menjadi 2: FG dan 3P. Field Goals sendiri adalah kombinasi dari 2P FG(tembakan 2 point) dan 3P FG(tembakan 3 point). Field Goal: dipisah menjadi FGM-A (Field Goal Made: Jumlah field goal masuk) dan FGA (Field Goal Attempts: Jumlah field goal yang dilakukan)
  • 3 Point Field Goal: dipisah menjadi 3PM-A (3Point Made: Jumlah tembakan 3Point masuk) dan FGA (3Point Attempts: Jumlah tembakan 3Point yang dilakukan)
  • Free Throw (FT). Menandakan jumlah free throw yang dilakukan suatu pemain.
  • FT juga dibagi menjadi FTM-A (Free Throw Made: jumlah free throw masuk dan Free Throw Attempts: jumlah free throw yang dilakukan).
  • Points (P/PTS). Menandakan jumlah point yang didapatkan suatu pemain.
  • Rebound (REB). Menandakan jumlah rebound yang didapatkan suatu pemain. Rebound dibagi menjadi 2: yaitu OFF (Offensive Rebound: rebound dari tembakan yang dilakukan ketika sedang menyerang) dan DEF (Defensive Rebound: rebound dari tembakan yang dilakukan musuh).
  • Assist (A/AST). Menandakan jumlah assist yang dilakukan suatu pemain. Assist adalah operan terakhir sebelum terjadi suatu Field Goal. Bila penembak harus melakukan sesuatu untuk menghindari musuh, maka operan tersebut BUKAN merupakan assist.
  • Personal Foul (F/PF). Menandakan jumlah foul yang didapatkan suatu pemain. Gabungan dari total personal foul dari suatu tim dalam satu kuarter disebut Team Foul, dan bila telah melebihi batas (biasanya 5), maka tim lawan akan mendapatkan free throw setiap kali tim tersebut melakukan foul.
  • Steal (S/STL). Menandakan jumlah steal yang didapatkan suatu pemain. Steal adalah usaha merebut bola yang berhasil dari musuh ketika bola sedang dalam posesi musuh.
  • Block (B). Menandakan jumlah block yang diambil suatu pemain. Block adalah usaha menggagalkan tembakan dari pemain lawan dengan tangan kita. Bila kita berhasil mengeblok musuh maka kita akan mendapatkan Blocked Shots (BS), sedangkan bila tembakan kita diblok musuh maka kita akan mendapatkan Blocked Against (BA).
  • Turn Over (TO). Menandakan berapa kali suatu pemain melepaskan posesi bola ke musuh. Bila musuh melakukan steal pada kita atau kita mengakibatkan suatu bola mati yang menjadi milik musuh, maka kita akan mendapatkan Turn Over.