-->

Menu Diet Untuk Olahragawan ( Atlet ) Berprestasi

Menu diet olahragawan / atlet berikut ini sangat bagus untuk mempertahankan kebugaran dan dapat meningkatkan stamina atlet.

Menjadi seorang olahragawan atau atlet tentu dituntut untuk selalu bugar dan sehat, dapat menjaga performanya selama bertanding. Seperti halnya dalam permainan basket, tidak hanya teknik bola basket yang unggul yang menentukan, namun juga stamina yang kuat juga wajib dimiliki.

Untuk dapat berprestasi, salah satu kunci suksesnya adalah bisa mempertahankan stamina dalam jangka waktu yang lama. Hal ini juga dipengaruhi oleh menu diet yang tepat. Apa sih menu diet olahragawan atau atlet yang bagus? 

Menu dietolahragawan / attlet identik dengan protein tinggi dan nutrisi penting lainnya. Tentunya, asupan itu berfungsi untuk memperkuat otot dan tulang, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pentingnya gizi pun harus diperhatikan sejak menjadi pemula sampai profesional, karena tingkat aktivitasnya sangat tinggi dengan tuntutan latihan olahraga yang kuat, pasti seorang atlet membutuhkan menu diet yang lebih tinggi kalori daripada orang biasa, yang jelas makanan mereka harus mengandung padat nutrisi.


MENU DIET OLAHRAGAWAN TERBAIK

Umumnya kebutuhan energi pada atlet lebih tinggi dari orang biasa, atlet usia dewasa awal membutuhkan 2000-4000 kkal dalam sehari. Untuk itu, beberapa tips agar pemilihan menu atlet optimal, adalah:

1. Pilihan makanan saat sarapan

Perhatikan pemenuhan karbohidrat dan protein saat sarapan. Pilih bahan makanan yang dapat memenuhi keduanya misalnya oatmeal, sereal gandum utuh, susu skim, telur dan kacang-kacangan. Dua atau tiga jam setelah sarapan dianjurkan untuk mengonsumsi camilan dengan komposisi yang mirip.

2. Makan siang tinggi serat

Makan siang menjadi pilihan untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan serat dan vitamin harian atlet. Salad daging dengan sayuran menjadi pilihan yang tepat. Asupan kalori berlebihan saat makan siang tidak dianjurkan sehingga camilan saat makan siang juga sebaiknya adalah buah, sayur atau kacang-kacangan. Ini juga menjadi menu diet olahragawan yang penting.

3. Pilihan makanan tinggi kalori yang tepat

Dengan kebutuhan yang tinggi tersebut maka makanan yang dianjurkan adalah makanan yang bisa memberikan asupan kalori dan energi yang tepat. Colorado State University menganjurkan atlet memenuhi sebagian besar kalori karbohidrat dari makanan yaitu kentang dan sereal.

4. Makan malam tinggi protein dan lemak baik

Makan malam dalam menu diet atlet dianjurkan terdiri dari protein, sayur dan lemak nabati. Misalnya menu stik daging rendah lemak dengan tambahan salad sayur yang diolah dengan bumbu dari minyak zaitun.

5. Makan lebih sering

Kebutuhan energi yang tinggi boleh dipenuhi dengan mengonsumsi makanan lebih sering. Memilih makanan tinggi kalori dan protein untuk dikonsumsi setiap dua jam sekali bisa menjadi bagian menu diet untuk olahragawan / atlet.


menu diet untuk olahragawan atau atlet


BUAH PENDONGKRAK STAMINA ATLET

Jika dikonsumsi secara baik, buah bisa sangat bermanfaat. Selain bisa menjadi sumber energi dan sumber serat, buah-buahan juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, konsumsi buah-buahan juga dapat membantu Anda untuk terhindar dari berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes mellitus, kanker, dan beberapa penyakit lainnya.

Berikut ini adalah beberapa jenis buah yang dapat meningkatkan stamina para atlet :

1. Alpukat

Alpukat lebih banyak mengandung lemak sehat seperti asam oleat yang merupakan jenis asam lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Lebih dari itu, alpukat juga kaya akan kalium dan magnesium yang berperan penting dalam keseimbangan elektrolit tubuh. Kandungan ini penting untuk mencegah dehidrasi. Kalium dan magnesium adalah kandungan yang juga ada di dalam minuman isotonik, sehingga bisa membuat tubuh segar.

2. Pisang

Buah pisang terkenal dengan kandungan kalium yang tinggi. Selain itu, pisang juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang memiliki manfaat bagi tubuh. Pisang juga kaya akan karbohidrat dan mineral sehingga menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh. Buah pisang termasuk karbohidrat kompleks, pisang bisa menambah tenaga dengan cepat dan tahan lama. Tak heran jika pisang sering ditambahkan pada menu diet untuk olahragawan / atlet.

3. Semangka

Semangka mengandung banyak vitamin A dan vitamin C. Selain itu, sebuah penelitian membuktikan bahwa semangka mengandung 92 persen air sehingga bisa menjadi sumber asupan cairan yang baik bagi tubuh. Karenanya, semangka bisa menjadi sumber tenaga baru sekaligus membuat para atlet terhindar dari dehidrasi.

4. Buah naga

Siapa sangka buah naga bia menjadi menu sehat untuk atlet. Buah naga merupakan sumber serat yang sehat. Sehingga untuk atlet, ini tidak akan mengganggu berat badan mereka. Selain itu, buah naga juga baik untuk pencernaan karena kaya akan serat.

5. Jambu biji

Potasium yang terkandung dalam jambu biji bermanfaat untuk meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengendalikan keseimbangan cairan tubuh, dan membantu menurunkan tekanan darah. Ini cocok untuk ditambahkan pada menu diet untuk olahragawan. Jambu biji mengandung potasium yang tinggi, yaitu sekitar 14 mg per 100 gram. 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->