Permainan Bola Basket Diawali Dengan Jumpball, Maksudnya?



Permainan bola basket diawali dengan jump ball, apa maksudnya?  jawabannya di sini.

Permainan bola basket termasuk cabang olah raga yang menggunakan bola dan unik dalam pertandingannya. Terkadang banyaknya peraturan permainan bola basket menjadi hal rumit tersendiri yang harus dipelajari dan dikuasai oleh setiap pemain bola basket. Salah satunya adalah bagaimana permainan bola basket diawali. Sudah menjadi aturan baku, permainan bola basket diawali dengan jumpball.

Bagi teman teman, mungkin istilah dalam permainan bola basket seperti jumpball tersebut kedengarannya asing, namun bagi pemerhati basket ... hal tersebut bukan istilah baru karena terjadi dalam setiap pertandingan bola basket. Setiap permainan bola basket diawali dengan jumpball. Baca juga teknik dasar bola basket


DEFINISI / PENGERTIAN JUMPBALL DALAM PERMAINAN BOLA BASKET

Jumpball merupakan salah satu istilah dalam permainan bola basket yang populer. Secara sederhana, definisi atau pengertian Jump ball adalah lemparan awal permainan bola basket yang di lempar oleh wasit dan kedua kapten saling berhadapan, apabila wasit mulai lempar keatas kedua kapten harus loncat tidak boleh menangkap bola melainkan harus dipukul kearah teman pemain tersebut . Wasit melempar bola di lingkaran tengah di antara dua pemain yang saling berhadapan pada permulaan kuarter pertama.


TATA CARA JUMPBALL
 
Pada bagian terdahulu kita sudah belajar tentang pengertian permainan bola basket, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana permainan basket itu diawali. Untuk mengawali permainan bola basket, berikut ini adalah tata cara melakukan jumpball :
  • Masing-masing jumper (pemain yang akan melakukan jump ball) berdiri dengan kedua kaki berada di dalam lingkaran tengah yang terdekat dengan ring basketnya sendiri dengan salah satu kaki dekat dengan garis tengah.
  • Pemain lain tidak boleh menempati posisi yang berdekatan di sekitar lingkaran jika pemain lawan ingin menempati posisi tersebut.   
  • Wasit bola basket kemudian melempar bola basket ke atas (secara vertikal) di antara dua jumper yang saling berhadapan, lebih tinggi dari jangkauan lompatan kedua jumper tersebut.   
  • Bola harus di-tap (tepis) dengan tangan oleh setidak-tidaknya salah satu atau kedua jumper setelah bola mencapai titik tertinggi.   
  • Kedua jumper tidak boleh meninggalkan posisinya hingga bola di-tap secara legal.   
  • Kedua jumper tidak boleh menangkap bola atau melakukan tap lebih dari dua kali hingga bola menyentuh salah satu pemain non-jumper atau lantai.
  • Jika bola tidak di-tap setidaknya oleh salah satu jumper, maka jump ball harus diulang.
  • Tidak boleh ada bagian tubuh jumper yang melewati garis tengah lingkaran sebelum bola di-tap.

permainan bola basket diawali dengan   
 
KONDISI YANG MENGHARUSKAN JUMPBALL

Permainan bola basket memang diawali dengan jumpball, namun jumpball yang dilakukan wasit tidak hanya untuk mengawali permainan bola basket, ada kondisi tertentu yang mengharuskan wasit melakukan jumpball.

Berikut ini adalah kondisi dimana wasit harus melakukan jumpball :
  1. Terjadi held ball
  2. Bola keluar lapangan dan wasit mengalami keraguan atau ketidaksetujuan tentang siapa yang terakhir kali menyentuh bola.
  3. Terjadi double free-throw violation saat free-throw terakhir atau satu kali free-throw yang gagal dilakukan.
  4. Bola hidup yang menyangkut pada penyokong ring basket (kecuali di antara free-throw).
  5. Bola menjadi mati ketika tidak ada tim yang mendapatkan penguasaan atau hak terhadap bola.
  6. Setelah pembatalan hukuman yang setara terhadap masing-masing tim, dan tidak ada hukuman foul ( kesalahan dalam permainan bola basket ) lainnya yang terjadi dan tidak ada tim yang mendapatkan penguasaan atau hak terhadap bola sebelum foul atau violation pertama terjadi.
  7. Permulaan semua kuarter selain kuarter pertama.