Macam Dan Teknik Cara Melempar Bola basket Yang Benar



Teknik melempar bola basket. Bermain bola basket tidak sekedar melempar bola, berikut ini teknik cara melempar bola basket.

Bermain bola basket sudah menjadi salah satu kegemaran paling populer masyarakat kita disamping sepak bola dan bulu tangkis. Adanya materi pelajaran bola basket menunjukkan pentingnya cabang oah raga ini untuk dipelajari. Ada banyak teknik dasar bola basket perlu dipelajari dengan benar, tidak sekedar bagaimana cara memegang bola basket. Pada pembahasan kita kali ini kita akan belajar teknik cara melempar bola basket.

Sebelum belajar teknik cara melempar bola basket, terlebih dahulu kita belajar cara memegang bola basket. Memegang bola dilakukan dengan cara  : bola dipegang dengan kedua tangan, dimana jari-jari tangan direnggangkan. Letakkan kedua ibu jari hamper berdekatan berjarak lebih kurang satu telapak tangan


MACAM LEMPARAN DAN TEKNIK CARA MELEMPAR BOLA BASKET

1. Melempar bola basket dengan kedua tangan searah dada ( chest pass ). Lemparan searah dada disebut dengan chest pass. Cara melakukan chest pass adalah sebagai berikut:
teknik cara melempar bola basket


Sikap permulaan :
Pemain berdiri dengan kedua kaki dibuka lebar selebar bahu dan lututnya sedikit ditekuk, badan agak condong ke depan dan menhadap sasaran.
Kedua tangan memegang bola didepan dada dan, siku lengan dibengkokkan.
Konsentrasikan diri pada latihan

Gerakan mengoper bola baket. melempar bola basket diawali dengan menarik bola ke dada untuk mengambil awalan. Kemudian tolakkan bola lurus ke depan dengan dengan meluruskan kedua siku. Luruskan kedua siku tangan dan mengambil awalan , kemudian tolakkan bola lurus ke depan dengan cara meluruskan siku dan dibantu lecutan pergelangan tangan dan dorongan dari bahu.

Sikap Akhir. Gerak lanjut dari teknik melempar bola basket adalah kedua lengan lurus sejajar bahu, telapak tangan menghadap ke luar dari jari-jari tangan lurus ke depan.

2. Melempar bola basket dengan Dua Tangan Dari Atas Kepala ( over head pass ). Lemparan dua tanga dari atas kepala sering disebut dengan over head pass. Tujuannya adala menghindari jangkauan tangan lawan. Cara melakukan lemparan dua tangan di atas kepala adalah sebagai berikut:
teknik cara melempar bola basket


Sikap Permulaan :
Pemain berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu atau salah satu kaki berada di depan. Bola dipegang kedua tangan di atas kepala, kedua kaki ditekuk, dan pandangan terpuat pada sasaran lemparan

Gerakan :
Gerakan lemparan diawali dengan menarik bola ke belakang atas kepala kemudian bola dilemparkan dengan cara meluruskan siku/ lengan ke atas depan dan dibantu lecutan pergelngan tangan hingga jari-jari tangan mengarah ke depan bawah.

Sikap Aklhir :
Sikap akhir adalah gerakan lanjutan dari kedua lengan lurus ke depan yang diikuti oleh anggota tubuh lainnya

3. Bounce pass (operan pantul).
Melempar bola basket dengan teknik Lemparan Pantulan. Lemparan pantulan sering disebut dengan istilah bound pass. Tujuannya untuk menghindari hadangan dari pemain jangkung dan menerobos pertahanan lawan. Cara melakukan lemparan pantulan adalah :  Posisi berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk, dan badan sedikit condong ke depan, kedua tangan  memegang bola di depan dada dan siku bengkok atau dilipat.
teknik cara melempar bola basket


4. Baseball pass. Teknik Melempar bola basket ini dilakukan di atas/belakang kepala, bertujuan agar passing melambung dan melewati lawan. Operan jarak jauh yang dilakukan biasanya lebih dari setengah panjang lapangan. Operan ini tidak terlalu akurat namun berguna pada Fast Break.
teknik cara melempar bola basket


5. Behind the back pass. Teknik melempar bola basket yang satu ini merupakan gerakan yang rumit untuk para pemula. Teknik melempar bola basket ini dilakukan dengan melakukan lemparan melalui belakan punggung. Butuh latihan tekun dan berulang-ulang untuk bisa melakukan gerakan ini dengan baik dan benar.
teknik cara melempar bola basket