Jumlah, Posisi Dan Peranan Pemain Bola Basket



Jumlah pemain bola basket. Seperti halnya dengan jenis olah raga lainnya, permainan bola basket dibatasi dengan jumlah pemain untuk masing - masing regu. Keunggulan atau kemenangan dalam permainan bola basket tidak ditentukan oleh berapa jumlah pemain namun yang lebih pnting adalah kerjasama team sesuai dengan posisi dan peranan masing - masing. Dengan teknik dasar bola basket yang telah dikuasai tentunya keunggulan skill yang dimiliki dapat ditunjukkan untuk menaklukkan team lawan. 

Jumlah pemain bola basket dalam setiap pertandingan adalah 5 orang per regu. Dari jumlah pemain tersebut masing - masing sudah dibagi posisinya sehingga memiliki tugas dan peranan yang telah ditentukan, dengan begitu kerjasama team lah yang menjadi faktor penentu efektifitas serangan kepada team lawan.

Dari jumlah 5 orang per regu di atas dibagai ke dalam  3 posisi utama. Berikut ini adalah 3 posisi pemain bola basket dan fungsinya  yaitu : 
1) Forward, pemain yang tugas dan fungsinya adalah mencetak poin dengan memasukkan bola ke keranjang lawan, 
2) Defense, pemain yang tugas dan fungsinya adalah menjaga pemain lawan agar pemain lawan kesulitan memasukkan bola, dan 
3) Playmaker, pemain yang tugas dan fungsinya menjadi tokoh kunci dalam permainan bola basket dengan mengatur alur bola dan strategi yang dimainkan oleh rekan-rekan se-timnya.


Setelah kita mengerti berapa jumlah pemain satu team dalam bola basket, untuk lebih jelasnya, gambar di bawah ini akan menunjukkan perbedaan posisi masing - masing pemain dalam setiap team :
jumlah pemain bola basket


Keterangan gambar : 
center (5 - C), 
power forward (4 - PF), 
small forward (3 - SF), 
shooting guard (2 - SG), 
dan point guard (1 - PG).[

Biasanya, posisi pemain basket ini juga diwakilkan dengan angka untuk mempermudah penyebutannya. Pemain tengah ( center ) biasanya ditempati oleh pemain yang bertubuh paling tinggi dalam tim. Pada saat menyerang, Center bertugas menerima bola dan menembakkannya ke ring, sedangkan pada saat bertahan, pemain ini menjadi pertahanan terakhir.

Power forward juga biasanya juga ditempati oleh pemain bertubuh tinggi karena bertugas sebagai penangkap bola pantul yang gagal masuk ke dalam ring ( rebound ), terutama saat bertahan. Dalam posisi menyerang, seorang PF diharapkan menangkap bola rebound dan segera menembakkannya kembali ke dalam ring. 

Small forward, umumnya diisi oleh pemain yang agresif dalam melakukan serangan ke daerah musuh dan juga memiliki tembakan yang konsisten dari bagian luar garis tembakan bebas.

Shooting guard umumnya diisi oleh pemain dengan kemampuan bertahan dan mencuri bola yang baik.Dalam posisi menyerang, SG berperan sebagai pemegang bola kedua dan juga menembakkan lemparan tiga angka.

Point guard adalah pemimpin penyerangan yang biasanya memiliki umpan ( passing ) dan dribble.

Jumlah pemain dalam bola basket setiap regu memang tidak sebanyak dalam permainan sepak bola, justru inilah yang membuat permainan menjadi menarik. Hanya dengan jumlah pemain sebanyak 5 orang mereka akan saling serang dengan teknik permainan yang menarik.