-->

Jumlah, Posisi Dan Tugas Pemain Dalam SetiapTim Bola Basket

Jumlah pemain bola basket. Seperti halnya dengan jenis olah raga lainnya, permainan bola basket dibatasi dengan jumlah pemain untuk masing - masing regu. Keunggulan atau kemenangan dalam permainan bola basket tidak ditentukan oleh berapa jumlah pemain namun yang lebih pnting adalah kerjasama team sesuai dengan posisi dan peranan masing - masing. Dengan teknik dasar bola basket yang telah dikuasai tentunya keunggulan skill yang dimiliki dapat ditunjukkan untuk menaklukkan team lawan. 

Jumlah pemain bola basket dalam setiap pertandingan adalah 5 orang per regu. Dari jumlah pemain tersebut masing - masing sudah dibagi posisinya sehingga memiliki tugas dan peranan yang telah ditentukan, dengan begitu kerjasama team lah yang menjadi faktor penentu efektifitas serangan kepada team lawan.

Dari jumlah 5 orang per regu di atas dibagi ke dalam  3 posisi utama. Berikut ini adalah 3 posisi pemain bola basket dan fungsinya  yaitu : 

1. Guard

Pada posisi guard ini dibagi menjadi dua yaitu point guard dan shooting guard. 


Point Guard atau PG
Point guard adalah posisi pemain bola basket yang tugas dan fungsinya adalah sebagai pengatur strategi permainan yang akan digunakan untuk mencetak skor atau poin. Disamping itu, point guard juga memiliki tugas untuk membawa bola yang kemudian melakukan passing pada rekannya.Pada posisi point guard ini dirasa akan sangat efektif jika dilakukan oleh para pemain yang mempunyai kemampuan dribble bola basket dengan baik.

Shooting Guard atau SG
Shooting guard (SG) merupakan posisi pemain basket yang tugasnya adalah sebagai penembak utama. Seorang shooting guard juga harus dapat melakukan drive ke arah dalam. Posisi ini merupakan posisi yang menguntungkan, karena berkemungkinan untuk dapat menjadi small forward dengan kemampuan rebound yang baik. Pemain yang sesuai untuk posisi ini yaitu pemain dengan tubuh tinggi besar serta mampu bergerak lincah untuk mencari celah pada daerah lawan lalu mencetak poin.

2. Forward

Pada posisi forward ini terdapat dua posisi yaitu small forward dan power forward.

Small forward atau SM.
Small forward adalah posisi pemain bola basket yang mempunyai tugas untuk mencetak poin. Dengan posisi small forward ini, diharapkan pemain mampu menembus pertahanan lawan dan mencari celah untuk dapat mencetak poin. Posisi ini hanya diberikan pada pemain yang mempunyai kemampuan bermain bola basket dengan sangat baik serta jago dalam teknik mencetak angka.

Power Foward atau PF.
Power forward (PF) adalah
posisi pemain bola basket mempunyai tugas untuk merebound bola. Rebound ini dilakukan untuk menjaga agar bola tidak jatuh ke tangan musuh. Untuk power forward ini biasanya diberikan kepada pemain dengan postur tubuh tinggi dan besar yang pandai melakukan lompatan yang tinggi dan mampu beradu badan dengan lawan.

3. Center

Pemain Center yaitu sesuai namanya, ini merupakan posisi tengah pada permainan bola basket. Merupakan posisi pemain basket yang tugas utamanya adalah bertahan saat terjadi serangan. Pemain yang bertugas pada posisi ini biasanya mempunyai badan paling besar dan tinggi dalam tim. Karena dalam permainan basket bertahan yang baik adalah dapat menghalang lawan masuk ke area serangan, oleh karena itu pemain yang tinggi besar sangat cocok pada posisi tersebut. Pemain yang berposisi center biasanya paling banyak melakukan pelanggaran, karena itu juga termasuk dalam strategi bertahan jika memang harus dilakukan.


Untuk memperjelas pemahaman anda tentang posisi pemain dalam permainan bola basket, gambar di bawah ini akan menunjukkan perbedaan posisi masing - masing pemain dalam setiap team :
jumlah pemain bola basket
Keterangan gambar : 
center (5 - C), 
power forward (4 - PF), 
small forward (3 - SF), 
shooting guard (2 - SG), 
dan point guard (1 - PG).[

Posisi center. Biasanya, posisi pemain basket ini juga diwakilkan dengan angka untuk mempermudah penyebutannya. Pemain tengah ( center ) biasanya ditempati oleh pemain yang bertubuh paling tinggi dalam tim. Pada saat menyerang, Center bertugas menerima bola dan menembakkannya ke ring, sedangkan pada saat bertahan, pemain ini menjadi pertahanan terakhir.

Power forward juga biasanya juga ditempati oleh pemain bertubuh tinggi karena bertugas sebagai penangkap bola pantul yang gagal masuk ke dalam ring ( rebound ), terutama saat bertahan. Dalam posisi menyerang, seorang PF diharapkan menangkap bola rebound dan segera menembakkannya kembali ke dalam ring. 

Small forward, umumnya diisi oleh pemain yang agresif dalam melakukan serangan ke daerah musuh dan juga memiliki tembakan yang konsisten dari bagian luar garis tembakan bebas.

Shooting guard umumnya diisi oleh pemain dengan kemampuan bertahan dan mencuri bola yang baik.Dalam posisi menyerang, SG berperan sebagai pemegang bola kedua dan juga menembakkan lemparan tiga angka.

Point guard adalah pemimpin penyerangan yang biasanya memiliki umpan ( passing ) dan dribble.

Jumlah pemain dalam bola basket setiap regu memang tidak sebanyak dalam permainan sepak bola, justru inilah yang membuat permainan menjadi menarik. Hanya dengan jumlah pemain sebanyak 5 orang mereka akan saling serang dengan teknik permainan yang menarik.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->