Rony Gunawan Legenda Pemain Basket Indonesia



Rony Gunawan adalah salah satu  legenda pemain bola basket di Indonesia. Baca profilnya di bawah ini.

Rony Gunawan (lahir di Samarinda, Kalimantan Timur, 20 Agustus 1980; umur 37 tahun) adalah seorang pemain bola basket putra nasional Indonesia yang bermain di IBL dan bertinggi tubuh 190 cm dan bermain di klub Satria Muda Pertamina. Rony Gunawan merupakan salah satu pemain tengah terbaik nasional saat ini, di mana pada awal kariernya bersama klub basket Indonesia CLS, dia berhasil mendampingi center veteran Hari Suharsono.

Pada tahun 2006, Rony Gunawan bergabung bersama Satria Muda . Pada tahun pertamanya ia berhasil meraih Juara IBL Cup setelah mengalahkan Aspac Putra Riau di Final. Ia juga menyandang gelar MVP pada pertandingan tersebut. Musim berikutnya, Rony berhasil membawa klubnya kembali meraih gelar juara IBL.

Rony juga terpilih untuk memperkuat tim nasional di SEA Games 2005 dan 2007 (seagames 2011) dan (2015 )dimana pada ajang terakhir timnas Indonesia berhasil merebut perak, selain juga memperkuat Indonesia di Kejuaraan Asia 2005,2007 dan 2011. dia juga memperkuat indonesia warriors dari tahun 2010 dan 2012 dimana indonesia warriors menjadi juara ABL di tahun tersebut. Baca juga : teknik dasar bola basket


KARIR PROFESIONAL

Memulai karier di CLS Kngihts Surabaya, lalu pindah ke Satria Muda Jakarta, Rony telah sukses mendapat banyak penghargaan serta gelar juara. Disamping itu prestasi-prestasi individual kemudian dianugerahkan kepada dirinya, antara lain, MVP IBL turnamen 2007, NBL Top Center (2010, 2013, 2014), dan NBL 6th man award 2015.
rony gunawan legenda pemain basket indonesia



MASA PENSIUN

Kini Rony Gunawan telah berusia 36 tahun. Ia memutuskan untuk pensiun setelah membawa SM menaklukkan tim yang telah membesarkannya, CLS Knights, di ajang Perbasi Cup 2016 dengan skor 67-51.

Legenda basket Indonesia Rony Gunawan baru saja mendapat tanggung jawab baru dalam klub Satria Muda Pertamina (SM Pertamina). Mantan power forward SM tersebut tengah sibuk menjalani karier barunya sebagai  Vice President PT Indonesia Sport Venture, badan hukum yang menaungi tim Satria Muda Pertamina.

Ditunjuk oleh pemilik klub, Erick Thohir, Rogun ditugaskan untuk memberikan ulasan atas kinerja pelatih maupun pemain, serta memberikan masukan kepada mereka. Selain itu, Rogun juga akan menjadi duta dan juru bicara tim Satria Muda Pertamina untuk media dan sponsor.