-->

Teknik Cara Memegang Bola Basket Yang Benar

Cara memegang bola basket. Berikut ini adalah cara memegang bola basket yang benar, perlu dikuasai oleh setiap pemain bola basket.

Melihat judul diatas kedengarannya sepele sekali, padahal ini adalah teknik dasar bola basket yang paling mendasar, yang perlu dikuasai oleh setiap pemain bola basket sebelum mempelajari teknik basket yang lain. Teknik cara memegang bola basket dipelajari bukan hanya karena peraturan permainan bola basket, namun juga merupakan salah satu cara untuk mencegah cidera akibat memegang bola dengan cara yang salah.


CARA MEMEGANG BOLA BASKET

Dalam permainan bola basket, teknik cara memegang bola yang benar akan mendukung jalannya permainan sehingga strategi dapat dijalankan sesuai yang ditetapkan. Lalu bagaimana sih cara memegang bola basket yang benar?  Cara memegang bola basket adalah : diawali dengan sikap tangan membentuk mangkok besar. Bola berada di antara kedua telapak tangan. Telapak tangan melekat di samping bola agak ke belakang, jari-jari terentang melekat pada bola. Ibu jari terletak dekat dengan badan di bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan. Kedua kaki membentuk kuda-kuda dengan salah satu kaki di depan. Badan sedikit condong ke depan dan lutut rileks. Walaupun sepertinya agak ribet, namun kalau teknik ini dipraktekkan ... sebenarnya cukup mudah dilakukan. Baca juga : dribbling dalam bola basket


TEKNIK MEMEGANG BOLA BERHUBUNGAN DENGAN TEKNIK LAINNYA

Satu lagi yang membuat teknik cara memegang bola basket itu penting adalah karena dalam
cara memegang bola basket
permainan bola basket ... bola hampir selalu dipegang. Bola basket selalu dipegang sebelum melakukan passing teman se tim, disamping itu pemain juga memegang bola basket ketika meangkap atau menerima operan dari rekannya. Begitu juga jika kita ingin melakukan tembakan (shooting), sebelumnya kita harus memegang bola basket dengan benar agar bola dapat dikendalikan dan akhirnya masuk ke ring basket.



Dalam menangkap bola harus diperhatikan agar bola berada dalam penguasaan. Bola dijemput telapak tangan dengan jari-jari tangan terentang dan pergelangan tangan rileks. Saat bola masuk di antara kedua telapak tangan, jari tangan segera melekat ke bola dan ditarik ke belakang atau mengikuti arah datangnya bola. Menangkap bola (catching ball) terdiri dari dua macam cara yaitu menangkap bola di atas kepala dan menangkap bola di depan dada.

Dalam hal menangkap bola, ini bisa dilakukan dengan dua atau satu tangan. Tanggkapan bola menggunakan dua tangan adalah sebagai berikut:
  • Berdiri menghadap sasaran
  • Kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut ditekuk
  • Badan sedikit condong ke depan, kedua tangan siap di depan dada
  • Tangan diluruskan  ke depan menjangkau bola dengan telapak terbuka, ibu jari berdekatan. Setelah bola tertangkap segera ditarik ke belkang mendekati dada.
Memegang bola basket memang tidak sembarangan, ada tekniknya juga dan itu penting untuk dipelajari oleh setiap pemain bola basket.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->