Teknik Cara Dribbling Dalam Bola Basket



Dribbling dalam bola basket. Berikut ini pengertian dan teknik cara melakukan dribbling dalam bola basket. Pengertian dribbling dalam permainan bola basket tidak akan lepas dari bagaimana membawa bola dan melindunginya dari lawan yang berusaha merebut bola. Dribble merupakan suatu cara membawa bola ke depan dengan memantul-mantulkan bola ke lantai dengan satu tangan atau secara bergantian baik dengan berjalan atau berlari. Ini adalah salah satu teknik dasar bola basket yang wajib dikuasai oleh setiap pemain bola basket.

Bagaimanapun juga untuk memenangkan permainan bola basket, dibutuhkan teknik penguasaan bola, melindunginya dari sergapan lawan, hingga mampu memasukkan bola ke ring basket. Untuk itulah teknik dribbling atau mendribble bola basket dibutuhkan kemahirannya. Lalu bagaimana cara mendribble bola basket .


TUJUAN MELAKUKAN DRIBBLING DALAM BOLA BASKET

Di bawah, saya jelaskan bagaimana cara melakukan dribbling dalam bola basket, namun ada hal lain yang juga penting yang perlu diketahui yaitu tujuan melakukan dribbling dalam bola basket. Berikut ini adalah tujuan melakukan dribbling :

  1. Memindahkan bola dari daerah padat penjagaan ke daerah yang agak longgar penjagaannya.
  2. Memindahkan bola ketika si penerima tidak bebas penjagaan.
  3. Memindahkan bola pada saat melakukan fast break.
  4. Menembus penjagaan ke arah ring lawan.
  5. Menyiapkan penyerangan.
  6. Memperbaiki posisi atau sudut sebelum mengoper ke arah rekan se tim
  7. Membuat peluang untuk menembak


TEKNIK CARA MELAKUKAN DRIBBLING DALAM BOLA BASKET

Dribbling dapat dilakukan dengan baik jika menguasai teknik yang baik dan benar. Untuk dapat melakukan dribble yang baik maka seorang pemain harus memahami dan menguasai teknik dribble. Cara melakukan dribbling dalam bola basket adalah sebagai berikut:

1. Cara mendribble bola basket dimulai dengan berdiri. Berdirilah secara rilex dengan kaki kiri agak sedikit di depan kaki kanan. Peganglah bola dengan kedua tangan, tangan kanan di atas bola, sedang tangan kiri di bawah bola.

2. Condongkan badan ke depan. Pantulkan bola dengan tangan kanan, Untuk permulaan lihat dan perhatikan bola. Ketika dribbling bola atau melakukan dribble, jangan biarkan tubuh dalam posisi tegak lurus, tetapi agak jongkok. Ketika tubuh tegak, bola akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memantul dari lantai ke tangan. Hal tersebut membuat bola lebih mudah untuk dicuri lawan. Oleh karena itu, tekuk lutut menjadi lebih rendah. Namun, jangan pernah menekuk pinggang seperti orang membungkuk. Hal tersebut akan membuat pinggang mudah cedera dari posisi yang nggak stabil.

3. Jangan memantulkan bola dengan cara memukul bola menggunakan telapak tangan, namun pantulkan bola dengan cara menekan dengan jari-jari dibantu dengan gerakan pergelaragan tangan.

4. Jinakkan bola dengan sedikit mengkuti gerakan bola ke atas sebentar dengan jari-jari dan pergelangan tangan, kemudian dipantulkan kembali. Setelah anda dapat mengikuti rahasia gerak, watak dan irama pantulan bola yang anda rasakan dengan sikap berdiri ditempat, memulailah dengan bergerak maju.

5. Mulailah jangan melihat bola, kemudian dengan tidak melihat bola. Dribbling bola basket mulai agak rendah, rendah, maju, mundur cepat-secepatnya, lakukan dengan latihan berjalan berliku-liku sampai anda benar-benar menjiwai bola.

6. Ketika men- dribble bola basket, sangat penting untuk tetap menjaga bola dalam kendali kamu. Kamu pasti nggak mau membiarkan posisi bola jauh dari jangkauan karena hal ini bisa menguntungkan tim lawan. Cobalah untuk memposisikan telapak tangan melewati bola, supaya saat melakukan dribble ke depan, pantulan bola akan jatuh tepat di ujung jari kamu.

7. Jaga pantulan agar tetap rendah. Semakin cepat dan rendah pantulan bola, semakin sulit pemain lawan untuk merebut bola kamu. Salah satu cara untuk merendahkan pantulan bola adalah pantulkan bola basket dekat lantai. Nah karena kamu sudah merendahkan posisi badan dengan menekuk lutut dan merendahkan pinggang, seharusnya kamu nggak akan sulit untuk menjaga tinggi pantulan bola supaya tetap ada di antara lutut dan pinggang kamu.

8. Untuk melindungi bola, jagalah agar tubuh anda berada diantara bola dan lawan”. Dalam melakukan dribble atau dribbling bola, tubuh mempunyai peran penting jika tangan yang digunakan mendribble lemah, maka tubuh berfungsi untuk melindungi bola. Oleh karena itu, pada saat mendribble bola, tubuh harus selalu diantara bola dan lawan. Hal ini dimasukkan, Jika lawan akan merebut bola maka tubuh siap untuk menghalangi lawan.


JENIS MACAM DRIBBLING DALAM BOLA BASKET

Seiring dengan permainan bola basket, teknik dribbling juga harus disesuaikan dengan

dribbling dalam bola basket
kondisinya, sehingga bola dapat dikuasai dan dipertahankan. Untuk itu macam dribbling juga lebih dari satu. Berikut ini adalah macam - Macam dribbling dalam bola basket yaitu :

1. Change of pace dribble – Dribble ini adalah yang paling umum dalam bolabasket dan digunakan untuk membuat pemain bertahan berfikir bahwa pelaku dribble akan memperlambat atau mempercepat tempo dribble.

2. Low or control dribble– Dribble ini adalah yang paling umum dalam bolabasket dan digunakan untuk membuat pemain bertahan berfikir bahwa pelaku dribble akan memperlambat atau mempercepat tempo dribble.


3. High or speed dribble– Ketika pemain berada di lapangan terbuka dan harus bergerak secepatnya denganbola, maka ia akan menggunakan dribble ini. Ketika berlari dengan cepat, pemain akan mendorong bola di depannya dan membiarkannya melambung ke atas setinggi pinggulnya. Tangan yang mendribble tidak berada di atas bola melainkan di belakang bola.


4. Crossover dribble – Yaitu mendribble bola dengan memindahkan bola dari tangan yang satu kearah tangannya yang lain. Gerakan ini sangat bagus untuk memperdaya pemain bertahan. Namun bola bisa dicuri bila tidak dilakukan dengan baik, karena bola tidak terjaga.


5. Behind the back dribble – Jenis dribble ini digunakan ketika pemain mengganti arah supaya terbebas dari pemain bertahan. Bola digerakkan dari satu sisi tubuh ke sisi tubuh yang lain dengan mengayunkannya di belakang tubuh.


6. Between the legs dribble – Dribble ini adalah cara yang cepat untuk memindahkan bola dari satu tangan ke tangan yang lain melewati sela kaki. Digunakan ketika pen-dribble dijaga dengan ketat atau ingin mengganti arah.


7. Reverse dribble – Dribble ini dikenal juga dengan nama spin dribble atau rol dribble. Dribble ini dilakukan untuk mengganti arah dan memantulkan bola dari satu tangan ke tangan yang lain ketika dijaga dengan ketat. Dribble ini harus dilakukan dengan cepat saat pen-dribble mendorong bola ke lantai dan berputar mengelilingi pemain bertahan.

Demikianlah tulisan seputar teknik cara melakukan dribbling dalam permainan bola basket, pelajari juga : peraturan permainan bola basket, sejarah bola basket, ukuran lapangan bola basket, dan lainnya. Baca juga : teknik lay up bola basket.